Bakteri Tak Dikenal Ditemukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Apa Itu?

Kompas.com - 17/03/2021, 09:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Peneliti di Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) telah menemukan beberapa beberapa bakteri tak dikenal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tidak hanya di Bumi, mikroba seperti bakteri dan jamur yang hidup di sekitar kita dan terus berkembang, bahkan di tempat tak terduga seperti Stasiun Luar Angkasa yang memiliki lingkungan gravitasi rendah.

Para peneliti dari Amerika Serikat dan India yang bekerja dengan NASA, menemukan empat jenis bakteri yang hidup di tempat berbeda di ISS.

Dikutip dari Science Alert, Rabu (17/3/2021), tiga bakteri di antaranya itu sama sekali tidak diketahui atau tidak dikenal oleh sains.

Tiga dari empat strain mikroba tersebut telah diisolasi pada tahun 2015 dan 2016. Satu di antara bakteri-bakteri tersebut ditemukan di panel atas stasiun penelitian ISS.