Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Laut Banda, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 16/03/2021, 16:28 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Laut Banda, Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada pukul 13.05 WIB, Jumat (16/3/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 2,68 LS dan 123,09 BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, lokasi tepatnya gempaini terjadi di laut pada jarak 127 kilometer arah Selatan Kota Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Wamena, Terasa hingga Timika Papua

Dikatakan Bambang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan Mendatar (strike slip)," kata dia.

Kendati lokasi gempa ini terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Akan tetapi, sejumlah wilayah merasakan getaran gempa bumi tersebut dengan skala intensitas bervariasi.

Seperti di daerah Morowali, Morowali Utara, Banggai Laut, dan Banggai Kepulauan yang merasakan dampak getaran dari guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas II-III MMI. Disebutkan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Selain itu, di wilayah Banggai guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dengan skala intensitas II MMI.

Sementara, hasil monitoring BMKG hingga pukul 13.25 WIB, Selasa (16/3/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Baca juga: Lebih dari 20.000 Gempa Guncang Islandia, Picu Gunung Berapi Meletus

Masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com