Kompas.com - 16/03/2021, 16:00 WIB
Vaksin AstraZeneca flickrVaksin AstraZeneca

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berkata pada hari Jumat (12/3/2021), tengah meninjau laporan terbaru tentang kejadian pembekuan dara pada beberapa orang yang menerima vaksin Covid-19 dari AstraZeneca.

Seperti diberitakan, kejadian pembekuan darah ini memuat sejumlah negara melakukan penangguhan vaksin

Penangguhan ini dilakukan oleh Irlandia, Denmark, Norwegia, Islandia, Belanda, Thailand, Indonesia, dan belasan negara lain karena mempertimbangkan masalah keamanan.

Hingga Rabu (10/3/2021), sekitar 5 juta orang di Eropa telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Dari jumlah tersebut, 30 orang dilaporkan mengalami troemboemboli.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Disebut Picu Pembekuan Darah, Kondisi Apa Itu?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Troemboemboli adalah gumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah dan menghalangi aliran darah.

Dilansir CNBC News, AstraZeneca mengatakan dalam sebuah pernyataan di hari Jumat (12/3/2021) bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan vaksin mereka menyebabkan risiko penggumpalan darah.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada Jumat (12/3/2021), Komite Penasihat Global untuk Keamanan Vaksin WHO saat ini tengah meninjau keamanan vaksin dan menilai laporan terkait vaksin AstraZeneca secara sistematis.

"Segera setelah WHO memperoleh pemahaman menyeluruh tentang kejadian ini, temuan dan segala perubahan rekomendasi akan segera diberitahukan ke pulik," kata Tedros.

Dr Mariangela Simao, asisten direktur jenderal WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan, memperkirakan bahwa WHO kemungkinan sudah memiliki pernyataan resmi minggu ini, saat penyelidikan sudah selesai.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X