Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Peregangan Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 28/01/2021, 18:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara mengelola tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah menurunkan berat badan dan berolahraga secara teratur.

Sayangnya, tak semua orang suka olahraga, apalagi olahraga berat. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, ada kabar gembira untuk Anda.

Penelitian baru menunjukkan, bahwa peregangan kemungkinan lebih efektif daripada jalan cepat dalam menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Hipertensi untuk Mencegah Kematian Dini

"Semua orang berpikir bahwa peregangan hanyalah tentang meregangkan otot Anda," kata Phil Chilibeck, yang mempelajari biomekanik dan gerakan manusia (kinesiologi) di Universitas Saskatchewan di Saskatoon, Kanada.

"Tapi saat Anda meregangkan otot, Anda juga meregangkan semua pembuluh darah yang masuk ke otot, termasuk semua arteri."

Ini mengurangi kekakuan di arteri Anda, yang berarti ada lebih sedikit resistensi terhadap aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular, yang merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Meskipun sulit, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, seperti mengurangi asupan garam, mengurangi minum alkohol, atau menghindari stress dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Dan kini, kita juga bisa menambahkan latihan peregangan ke dalam daftar upaya menurunkan tekanan darah.

Penelitian sebelumnya, pada hewan dan manusia, telah menunjukkan bagaimana peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan jaringan.

Sebuah penelitian lain juga menemukan, peregangan adalah cara yang efektif bagi wanita (dengan tekanan darah normal) untuk mengurangi tekanan darah selama kehamilan, yang mana ini lebih efektif dari sekedar berjalan.

Belum lagi peregangan yang memperkuat jaringan ikat, meningkatkan kelenturan, dan membantu tubuh kita beradaptasi dengan peningkatan olahraga.

Baca juga: 5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com