Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komet Neowise Akan Melintasi Bumi, Tak Akan Kembali dalam 6.800 Tahun

Kompas.com - 13/07/2020, 13:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.comKomet Neowise (C/2020 F3) adalah salah satu fenomena langit yang akan terjadi bulan ini. Komet Neowise diperkirakan dapat dilihat dari Indonesia pada 20 Juli 2020 dengan ketinggian yang terus meningkat.

“Namun pada magnitude (keterangan) yang terus menurun,” tutur Marufin kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Fenomena Langit Juli 2020: Matahari di Atas Kabah hingga Komet Neowise

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan bahwa fenomena komet ini menjadi menarik untuk disaksikan karena baru ditemukan pada akhir Maret 2020.

Ia menyebutkan, perihelion komet Neowise memiliki periode yang sangat panjang yaitu sekitar 5.000 tahun.

Tidak akan kembali dalam waktu 6.800 tahun

Mengutip Science Alert, Minggu (13/7/2020), komet Neowise baru ditemukan pada 27 Maret 2020 lalu oleh teleskop luar angkasa NASA.

“Berdasarkan infra merah, kami bisa memperkirakan panjangnya sekitar lima kilometer. Di badannya terdapat partikel sisa pembentukan Tata Surya kita 4,6 miliar tahun lalu,” tutur investigator NASA untuk Neowise, Joseph Masiero.

Baca juga: Ledakan Komet Diduga Jadi Penyebab Hancurnya Desa Kuno di Suriah

Komet Neowise berada pada jarak yang cukup jauh dengan Bumi, sekitar 100 juta kilometer. Pada 3 Juli 2020 lalu, komet ini mencapai perihelion terdekat dengan Matahari kemudian kembali lagi mengorbit di Tata Surya.

Ini merupakan fenomena langka yang patut dilihat. Pasalnya, komet Neowise tidak akan kembali mendekati Bumi dalam waktu 6.800 tahun.

Seiring komet tersebut menjauh dari Matahari, kini komet Neowise meluncur ke dekat Bumi. Setelah itu, tepatnya pada Agustus, komet tersebut akan melanjutkan kembali perjalanan ke bagian luar Tata Surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com