Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang Laut Banda Aceh Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 13/07/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Setelah Yogyakarta dan Jawa Tengah diguncang gempa dini hari tadi, lindu berkekuatan M 5,5 mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai, pagi ini pukul 07.58 WIB, Senin (13/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,4.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,12 LU dan 94,32 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 120 kilometer arah Barat Daya Kota Banda Aceh, Aceh pada kedalaman 34 kilometer.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Jawa Tengah dan Yogyakarta

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata dia.

Rahmat berkata, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Kendati lokasi gempa bumi berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Hari Senin, 13 Juli 2020 pukul 07.58.46 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,4. BMKG Hari Senin, 13 Juli 2020 pukul 07.58.46 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,4.

Namun, dampak guncangan gempa dirasakan di berbagai wilayah dengan skala intensitas yang bervariasi.

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Banda Aceh dengan skala intensitas getaran yaitu III MMI. Di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Selain itu, guncangan gempa bumi juga dirasakan di Sabang dan Sigli dengan skala intensitas II MMI. Getaran itu dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X