Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

73,9 Persen Masyarakat Puas dengan Angkutan Lebaran Tahun Ini

Kompas.com - 16/05/2024, 06:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 73,9 persen masyarakat menyatakan kepuasannya dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini. 

Untuk itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi hasil survei nasional dari Indikator terkait penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024.

Survei ini dilakukan pada periode 24 April 2024-26 April 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.217 orang.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, Kemenhub mengapresiasi survei yang dilakukan Indikator.

"Kemenhub memberikan apresiasi terhadap survei yang dilakukan Indikator, dimana survei ini menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat akan pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024," kata dia dikutip dari laman Kemenhub, Rabu (15/5/2024).

Hasil survei Indikator ini menyatakan, sebagian besar warga menilai pelaksanaan mudik tahun ini lebih lancar dan aman dibanding tahun lalu.

Baca juga: Daftar 25 PSN Sektor Transportasi yang Dirampungkan Kemenhub

Lebih banyak warga juga setuju dengan kebijakan one way, contra flow, dan pembatasan truk besar selama arus mudik atau balik.

Kepuasan terhadap penyelenggaraan mudik secara signifikan berhubungan positif dengan evaluasi terhadap angkutan umum, kondisi jalan, pengaturan lalu lintas, ketersediaan bahan bakar, rekayasa lalu lintas dan informasi kebijakan rekayasa lalu lintas.

Selain itu, rasa puas atas penyelenggaraan mudik juga secara signifikan berhubungan positif dengan sikap terhadap rekayasa lalu lintas serta kemudahan memperoleh informasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com