Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soda Kue Ternyata Bisa Hilangkan Gulma di Halaman Rumah

Kompas.com - 30/04/2024, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gulma merupakan tanaman pengganggu yang terkadang sulit disingkirkan terutama yang ada di sela-sela paving block.

Anda mungkin bisa mencabutnya secara manual namun hal itu tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tak perlu membeli herbisida dengan harga yang mahal. Anda ternyata bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur seperti soda kue.

Baca juga: Tak Hanya untuk Memasak, Garam Dapur Juga Efektif Singkirkan Gulma di Halaman

Soda kue sendiri merupakan herbisida non-selektif, sehingga dapat membunuh tanaman kecil dan rumput yang ada di halaman. 

Karena itu, sebaiknya gunakan pada rumput liar yang terisolasi, seperti di sela-sela paving block, di sepanjang tepi jalan masuk, atau di celah trotoar.

Alasan soda kue efektif membunuh gulma adalah karena salah satu bahan utamanya adalah garam. Dalam jumlah yang cukup, garam bisa membuat tanaman dehidarsi 

Jika Anda ingin membunuh gulma secara permanen salah satu caranya adalah dengan membuatnya dehidrasi sehingga tidak dapat menyerap air lagi. Selanjutnya gulma tersebut akan mati selamanya.


Soda kue mudah digunakan, baik Anda langsung menggunakannya atau menyiapkan larutan untuk disemprotkan pada gulma yang ditargetkan.

Cara termudah adalah dengan menuangkannya langsung dari kotaknya ke atas permukaan gulma sebanyak kira-kira 1 sendok teh.

Namun sebelum menaburkannya, disarankan untuk membasahi dedaunan terlebih dahulu agar soda kue mudah menempel pada daun.

Baca juga: Singkirkan Noda Karat Membandel di Engsel Pintu dengan Soda Kue

Cara lainnya adalah campurkan soda kue dan air dengan perbandingan 10 sendok makan soda kue ke dalam 1 galon air. Setelah itu, tuangkan larutan ke dalam botol semprot, dan semprotkan gulma.

Apapun metode yang Anda gunakan, pilihlah hari yang cerah untuk menggunakan soda kue karena hujan akan menghilangkannya sebelum sempat bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com