Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga Rumah di Bogor Tertinggi Se-Jabodetabek

Kompas.com - 27/04/2024, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bogor mencatatkan kenaikan harga hunian tahunan tertinggi di Jabodetabek hingga 5,6 persen sepanjang kuartal I -2024.

Kemudian, disusul Depok (2,4 persen), Tangerang (1,3 persen) Bekasi (1,9 persen), serta Jakarta (0,8 persen).

Informasi ini sebagaimana terekam dalam Flash Report Rumah123 edisi April 2024 yang diterima Kompas.com, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: 7 Tanda Sistem Perpipaan di Rumah Harus Segera Diganti

Selain itu, Bogor juga mencatatkan pertumbuhan tahunan yang stabil dalam setahun terakhir, mulai dari 2,6 persen pada November 2023 hingga 8,3 persen pada Mei 2023.

Per Maret 2024, kenaikan harga tahunannya sebesar 5,6 persen dengan selisih pertumbuhan harga di atas laju inflasi tahunan mencapai 2,2 persen.

Menurut Head of Research Rumah123 Marisa Jaya, pertumbuhan harga hunian di Bogor yang konsisten didukung dengan berbagai macam faktor, seperti perkembangan infrastruktur.

"Tetapi, di sisi lain, semakin banyak orang tertarik menjadikan Bogor sebagai lokasi tempat tinggal, seiring minat mereka yang tinggi terhadap proyek-proyek perumahan yang dikembangkan beberapa pengembang terkemuka," ungkap Marisa dalam laporannya, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Paling Konsisten, Harga Rumah di Bogor dan Denpasar Terus Naik

Fenomena tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan, serta dipengaruhi oleh keinginan memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau, lingkungan lebih asri, dan kemudahan akses pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com