Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditarget Tuntas Oktober, Ini Progres Bendungan Bolango Ulu di Gorontalo

Kompas.com - 23/04/2024, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Bendungan Bolango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) dan merupakan bagian dari proyek pembangunan 61 bendungan dari tahin 2015 hingga 2025.

Direktur Bendungan dan Danau, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Adenan Rasyid mengatakan, Bendungan Bolango Ulu merupakan bendungan multipurpose yang dibangun sejak 2019 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

"Total biaya pembangunan bendungan sebesar Rp 2,42 triliun dengan progres fisik saat ini 48,41 persen," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (23/04/2024).

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Bendungan Pertama di Sumsel Bakal Rampung

Bendungan Bolango Ulu memiliki daya tampung yang cukup besar, yakni 84,10 juta m3 untuk mendukung daerah irigasi seluas 4.950 hektar khususnya pada Daerah Irigasi (DI) Lomaya, DI Alale, dan DI Pilohayanga.

Sehingga akan meningkatkan intensitas tanam dari IP 265 menjadi IP 300 pada pola padi-padi-palawija jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya menghasilkan satu kali panen dalam setahun.

Bendungan dengan tipe urugan batu inti tegak ini memiliki luas genangan mencapai 483 hektar yang dapat dimanfaatkan sebagai tampungan air pengendali banjir wilayah hilir Sungai Bolango.

Sumber air yang berasal dari DAS Bolango akan dikendalikan oleh bendungan, khususnya pada musim hujan dengan mereduksi debit banjir hingga 414 m3/detik.

Selain memiliki potensi sebagai sumber tenaga listrik sebesar 4,96 MW, Bendungan Bolango Ulu akan memenuhi kebutuhan air baku sebesar 2.200 liter/detik dengan asumsi melayani 2 juta jiwa.

"Informasinya untuk tahap pertama akan dibangun SPAM Regional yang terdistribusi di Kabupaten Bulango dan Gorontalo serta Kota Gorontalo," kata Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Binsar P. Simanungkalit.

Pembangunan Bendungan Bulango Ulu dikerjakan dalam dua paket konstruksi, yakni Paket I dilaksanakan oleh kontraktor PT Hutama Karya-PT Basuki Rahmanta Putra, PT Bina Nusa Lestari (KSO) dan Paket II oleh PT Brantas Abipraya-PT Bumi Karya, dan PT Istaka Karya (KSO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com