Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Tarif Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang Bakal Naik, PT JTD Jaya Pratama Informasikan soal Peningkatan Layanan

Kompas.com - 05/03/2024, 20:46 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT JTD Jaya Pratama—selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Ruas Semanan – Sunter dan Sunter – Pulogebang Seksi A Kelapa Gading – Pulogebang—memastikan pihaknya melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan pelayanan, memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan kepada pengguna jalan tol.

Pernyataan itu diutarakan menyusul informasi mengenai penyesuaian tarif tol pada enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Ruas Semanan – Sunter dan Sunter – Pulogebang Seksi A Kelapa Gading - Pulogebang yang segera diberlakukan.

“Peningkatan layanan pada bidang transaksi antara lain dengan menyediakan Mobile Reader untuk mempercepat waktu transaksi, implementasi dan peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol,” ujar Kepala Divisi Operasi & IT PT JTD Jaya Pratama Charles Giroth dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang Bakal Terapkan Contra Flow Tiap Pagi

Lebih lanjut, Charles mengatakan bahwa pada bidang layanan lalu lintas, PT JTD Jaya Pratama telah melakukan pemasangan alat tol cerdas, di antaranya smart surveillance system (Smart CCTV), dynamic message sign (DMS) pada akses jalan tol dan lajur, serta pemeliharaan sarana keselamatan lalu lintas dan penyiagaan armada operasional yang terdiri dari mobil layanan jalan tol, derek, ambulance, rescue dan patrol jalan raya (PJR).

Sementara dalam layanan preservasi, pihaknya telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol berupa pekerjaan pemeliharaan zero pothole/patching, pemeliharaan marka jalan, pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU), pekerjaan beautifikasi dan penataan lansekap, pekerjaan pemeliharaan rambu, median concrete barrier (MCB), reflector dan pengaman jalan tol, dan pekerjaan pemeliharaan saluran udicth dan long pond.

“Untuk memastikan masyarakat menerima informasi dengan baik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT JTD Jaya Pratama juga melakukan sosialisasi melalui berbagai media komunikasi secara masif, mulai dari media cetak, online, elektronik, media sosial, dan media luar ruang,” tambah Charles.

Baca juga: Mulai Hari Ini Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Tak Lagi Gratis, Simak Rincian Tarifnya

Sebagai informasi, penyesuaian tarif tol tersebut telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.544/KPTS/M/2024 tentang Penyesuaian Tarif Pada 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Ruas Semanan – Sunter dan Sunter – Pulogebang Seksi A Kelapa Gading – Pulogebang.

Adapun penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Jalan Tol.

Adapun enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Ruas Semanan – Sunter dan Sunter – Pulogebang Seksi A Kelapa Gading – Pulogebang merupakan ruas yang terintegrasi (toll to toll), berperan sebagai akses vital yang menjadi penggerak roda perekonomian untuk mendukung percepatan pergerakan logistik dan mobilitas orang dari Timur ke Barat Jakarta, mendukung perekonomian wilayah dan properti, pengembangan kawasan industri, dan pusat perbelanjaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com