Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFEX 2024 Ditutup, Kerek 13.730 Pembeli dari 117 Negara

Kompas.com - 04/03/2024, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 telah menarik sebanyak 13.730 buyers (pembeli) internasional dari 117 negara di dunia selama empat hari digelar yakni 29 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024.

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur mengatakan, terdapat kenaikan 2 kali lipat jumlah buyers (pembeli) internasional dari tahun lalu yang hadir di IFEX 2024.

Dari sisi transaksi, IFEX 2024 berhasil membukukan transaksi on-the-spot (di tempat) sebesar 300 juta dollar AS.

"Kami melihat transaksi yang terjadi selama pameran sebagai realisasi dari target pertumbuhan ekonomi positif yang kami sebut di awal," ungkap Sobur dalam siaran persnya, Senin (4/3/2024).

Sebab, di tengah kondisi ekonomi global seperti saat ini, hasil tersebut membuktikan industri furnitur Indonesia mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Baca juga: IFEX Kembali Digelar, Bidik Transaksi 300 Juta Dollar AS

Untuk diketahui, negara-negara dengan pemeli terbanyak adalah negara di Eropa, Australia, China, dan Amerika Serikat serta tambahan dari negara emerging market (negara berkembang) seperti India, Bahrain, Oman, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Sobur cukup optimistis, pameran IFEX tahun depan kembali akan menarik lebih banyak peserta dan pembeli.

IFEX akan kembali diselenggarakan tahun depan jadwalnya yakni, 6 Maret 2025 hingga 9 Maret 2025.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung mengatakan, pihaknya siap terus berkolaborasi dengan HIMKI untuk memfasilitasi para peserta, buyers, dan semua pihak lain yang terlibat.

Menurutnya, IFEX tidak hanya memberikan hasil positif bagi pelaku industri furnitur, tetapi juga pihak lain.

Mulai dari industri perhotelan, layanan ekspedisi atau freight forwarding, transportasi, kuliner, wisata, dan lain-lain.

Ke depan, dia memastikan bahwa semua layanan dan fasilitas pendukung IFEX akan terus ditingkatkan.

“Dyandra Promosindo terus mengukuhkan eksistensi IFEX dengan penuh optimisme. Melalui evaluasi internal dari setiap penyelenggaraan, kami berupaya menciptakan pengalaman luar biasa bagi seluruh stakeholder, sambil membawa semangat positif untuk mendorong pertumbuhan gemilang dalam industri furnitur,” pungkas Daswar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com