Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut, Daerah Pertama yang Dikunjungi AHY Setelah Jadi Menteri

Kompas.com - 22/02/2024, 20:47 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehari pasca dilantik dan serah terima jabatan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung melaksanakan kunjungan kerja (kunker) pertamanya.

Ia bertolak ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (22/02/2024) untuk menyerahkan sertifikat tanah dan meninjau pelayanan pertanahan di Kota Manado.

Dalam kunjungan kerja pertamanya tersebut, Menteri AHY bertemu dan berdialog secara langsung dengan masyarakat.

Ia mendengarkan aspirasi masyarakat serta memastikan bahwa proses sertifikasi tanah di daerah berjalan dengan baik.

Baca juga: AHY Ajak Airlangga, Bahlil, Basuki hingga Siti Nurbaya Bertemu

“Saya menyerahkan sertifikat tanah langsung kepada masyarakat. Di sini saya sambil terus belanja masalah, apa lagi yang kira-kira bisa kita lakukan dari pusat dan tentunya turunannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono saat menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di  Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado, Sulawesi UtaraKementerian ATR/BPN Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono saat menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara
Sebagai informasi, terdapat 105 sertifikat tanah yang diserahkan di Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado merupakan hasil program Redistribusi Tanah serta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan tiga sertifikat berlangsung secara door to door kepada masyarakat yang berprofesi sebagai tukang kayu, petani dan nelayan.

Tak hanya itu, AHY juga menyerahkan sertifikat untuk rumah ibadah di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Tingkulu.

Sertifikat tersebut diperuntukkan bagi GMIM Anugerah Tingkulu dengan jumlah jemaat sebanyak 860 orang dan GMIM Yosua Paal IV dengan jumlah jemaat sebanyak 123 orang.

“Ini menjadi perjalanan dinas pertama saya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, kami terbiasa bekerja di lapangan untuk menyapa langsung masyarakat,” papar AHY.

Baca juga: Tugas AHY: Daftarkan Sisa 8 Juta Bidang Tanah

“Saya rasa itu yang paling efektif karena mendengarkan keluhan, harapan atau aspirasi masyarakat itu bukan hanya menginspirasi ataupun menggerakkan kita, tetapi mempercepat kalau ada yang bisa ditangani,” lanjutnya.

Besok, Jumat (23/02/2024), AHY dijadwalkan menghadiri peresmian Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam peresmian tersebut akan hadir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala daerah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com