Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIVE Siap Melantai di Bursa 12 Februari 2024

Kompas.com - 10/02/2024, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE) akan segera menggelar pencatatan perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 12 Februari 2024.

Analis Binaarta Sekuritas Valerie Mannuela menuturkan, perseroan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan sejenis di bidangnya, dengan ekspektasi rasio Price Earning (PE) berada di bawah rata-rata industri.

Menurutnya, industri peralatan rumah tangga memiliki rata-rata rasio PE maksimal sebesar 16,3 kali. Sementara, PT Homeco Victoria Makmur Tbk memiliki harga saham yang dicatatkan perdana sebesar Rp 148 per saham.

"Kami memproyeksikan rasio PE Perseroan akan mencapai sebesar 9,9 kali pada 2024, sehingga PE perseroan lebih rendah dari PER rata-rata industrinya," ucap Valerie, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Tak Boleh Sembarangan, Ini Tips Mencuci Botol dan Peralatan Makan Bayi

PT Homeco Victoria Makmur Tbk didirikan pada tahun 2012, dengan fokus utama pada manajemen merek dan penjualan produk peralatan dan perlengkapan rumah tangga di Indonesia.

Perusahaan ini memiliki kategori produk yang beragam, termasuk peralatan dapur, peralatan minum dan makan, peralatan masak, alat tulis dan gambar, permainan anak-anak, dan tisu basah.

Selain itu, Perseroan juga merupakan perusahaan induk yang memiliki beberapa entitas anak. Perseroan telah membangun reputasi sebagai salah satu penjual dan produsen peralatan dan perlengkapan rumah tangga terbaik di industri ini.

Dengan lebih dari 12 tahun pengalaman, LIVE memiliki jangkauan penjualan yang luas, mencakup hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Penjualan Perseroan melalui pasar modern mencapai 40.000 titik penjualan, sementara di pasar tradisional, lebih dari 700 mitra distribusi turut berperan.

Portofolio produk LIVE terbagi menjadi tiga segmen: segmen atas, segmen menengah, dan produk massal, dengan beberapa merek terkenal seperti BerlingerHaus, KEI, Scandic, Wiggle, dan lainnya.

Baca juga: Hadir di IndoBuildTech 2023, Kohler Pamerkan Peralatan Dapur hingga Toilet Pintar

Selain itu, melalui entitas anaknya, PT Trisinar Indopratama atau Technoplast (TSI), Perseroan juga menjalin kerja sama bisnis-to-bisnis (B2B) dengan merek terkenal seperti BT21, Line, McDonald's, Starbucks, dan lainnya.

Dalam hal kinerja keuangan, PT Homeco Victoria Makmur Tbk menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam rasio profitabilitas selama periode 2020 hingga Juli 2023.

Demikian halnya dengan peningkatan pendapatan sebesar 94,70 persen sepanjang tahun 2020 hingga tahun 2022.

Hal ini disebabkan oleh ikut sertanya Entitas Anak perseroan dalam menyediakan vaccine carrier bagi Pemerintah Indonesia pada tahun 2021. Kedepannya,

Perseroan memproyeksikan pendapatan terus bertumbuh dengan target CAGR 2022A-20227F sebesar 29,8 persen atau sebesar Rp 1,1 triliun tahun 2027.

Hal ini mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mencetak laba yang terus meningkat. Di sisi lain, kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka panjang juga menunjukkan tren positif, didorong oleh pemulihan EBITDA yang kuat.

Baca juga: 1.951 Huntap Korban Erupsi Merapi Siap Huni, Bakal Dilengkapi Peralatan Rumah Tangga

Rasio Debt to EBITDA Perseroan mencapai 3,06 pada Juli 2023, meningkat dari 1,94 pada akhir tahun 2022.

Dengan prospek yang menjanjikan dan posisi yang kuat di pasar peralatan rumah tangga, LIVE siap menghadapi pencatatan perdana sahamnya di BEI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com