Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioperasikan Sementara, Ruas Tol Klaten-Purwomartani Dukung Arus Lebaran 2024

Kompas.com - 22/01/2024, 06:25 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 kilometer dari total 20 kilometer ditargetkan siap mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Sementara untuk Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat dioperasikan secara fungsional sepanjang 22,3 kilometer.

Secara keseluruhan, Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer ditargetkan tuntas pada Juli 2024, sedangkan Ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 kilometer ditargetkan tuntas pada akhir Desember 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan meningkatkan konektivitas antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Jawa Tengah.

"Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar)," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan tol yang akan menjadi bagian dari Jaringan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Basuki Target Tol Sleman-Banyurejo Rampung pada Kuartal I-2025

Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta-Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan.

Selain itu, juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke NYIA Kulonprogo.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo secara total memiliki panjang 96,57 kilometer dan terdiri dari 3 seksi.

Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani 42,3 kilometer, Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Sleman 16 kilometer, dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo 38,57 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com