Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Bangun SKI di Tanjungpinang Senilai Rp 50 Miliar

Kompas.com - 01/01/2024, 21:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno meninjau lokasi pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI), di Kawasan Gurindam XII Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (31/12/2023).

"Pembangunan SKI ini merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf yang akan menjadi salah satu ikon ekonomi pariwisata Indonesia yang ada di Provinsi Kepri," kata Sandi, di Tanjungpinang, Minggu (31/12/2023).

Dibangunnya SKI ini merupakan apresiasi Kemenparekraf kepada Gubernur Kepri yang telah berkontribusi dan sangat peduli akan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, peningkatan sektor ekonomi kreatif saat ini yang meningkat pesat juga diharapkan menjadi potensi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Provinsi Kepri.

Baca juga: Hilangkan Stigma Kota Sejuta Angkot, Bogor Butuh Pembiayaan Kreatif

Tak hanya itu, pembangunan SKI ini dinilai sangat pas dan strategis. Tak hanya lokasinya yang berada di kawasan Gurindam XII, namun langsung berhadapan dengan Pulau Penyengat.

"Kami yakin ini menjadi potensi yang besar, apalagi mengingat sektor ekonomi Kreatif yang mulai pesat. Baik itu sektor kulinernya, fashion, juga kriya dan budaya seperti keberadaan pulau penyengat," terang Sandi.

Anggaran yang dialokasikan untuk membangun SKI ini mencapai nilai Rp 50 miliar.

SKI Tanjungpinang akan berisi 17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian dari SKI Kemenparekraf.

Di antaranya, sektor musik, film, animasi, arsitektur, kriya, kuliner, dan lainnya yang akan dikolaborasikan dengan dunia industri.

Pembangunan SKI dijadwalkan tuntas oada 2025.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mendukung penuh kelancaran pembangunan SKI dengan terus melengkapi kawasan Gurindam XII ini.

"Apalagi SKI Kemenparekraf ini dibangun dikawasan strategis Gurindam XII, sehingga nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Kepri," pungkas Ansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com