Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2024, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menekan angka emisi karbon di Ibu Kota Nusantara (IKN), pemerintah berencana mengoptimalkan penggunaan kendaraan umum ramah lingkungan.

Kendaraan umum yang akan tersedia di IKN adalah kendaraan berbasis rel seperti MRT dan LRT serta bus listrik.

Untuk memanjakan para pengguna angkutan umum, pemerintah menyediakan sistem digital yang membantu masyarakat.

Dikutip dari Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara yang dirilis oleh Kedeputian Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), sistem tersebut bernama Advanced Traveler Information System (ATIS).

Baca juga: Fitur ATMS Bisa Minimalkan Kemacetan di IKN Nusantara

Melalui ATIS, para pengguna transportasi umum bisa mendapatkan informasi jadwal bus secara real time, status operasional bus hingga media informasi penumpang.

Fitur ini juga menyediakan informasi rute dan tarif yang direkomendasikan untuk rencana perjalanan pengguna transportasi.

Sementara itu, bagi pengelola, aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai jumlah kendaraan dan armada yang beroperasi di setiap rute.

Ada pula informasi navigasi pada perjalanan berdasarkan data lalu lintas, serta kontrol rambu/informasi lalu lintas berdasarkan data real time.

Baca juga: Mengupas Rencana Pembangunan IKN Mulai 2030 Hingga 2039

Fitur lainnya yang juga memudahkan pengguna transportasi umum di IKN adalah Electronic Payment System (EPS) for Mobility.

Sesuai namanya, fitur ini merupakan sistem pembayaran transportasi umum yang menggunakan tiket berbasis akun atau kartu elektronik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com