Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9,25 Persen Saham Hotel di Indonesia Dimiliki Asing

Kompas.com - 01/01/2024, 14:37 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pengusaha asing ternyata memiliki keterlibatan terhadap hotel dan jasa akomodasi di Indonesia. Salah satunya dari segi kepemilikan modal.

Hal itu tersaji di dalam publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) berjudul Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia 2023.

Sebagai informasi, jumlah hotel di Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 28.800. Terdiri dari 4.104 hotel bintang dan 24.696 hotel non-bintang.

Dari jumlah itu, kepemilikan modal asing pada hotel dan jasa akomodasi di Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebesar 9,25 persen.

Baca juga: Bintang Satu sampai Lima, Nih Hotel Bintang Paling Banyak di Indonesia

Persentase itu mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2021, yaitu 5,16 persen hotel dan usaha akomodasi dimiliki pihak asing.

Kepemilikan modal asing yang dimaksud mencakup kepemilikan modal oleh perseorangan atau badan usaha yang berdomisili di luar negeri (non-residen), atau pemerintah asing.

Dengan demikian, usaha hotel dan jasa akomodasi di Indonesia didominasi oleh pemilik modal dari dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com