Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tarif Tol Jakarta-Medan, "Mereka Tak Mengerti Isu Kota", dan Proyek IKN Besutan Swasta

Kompas.com - 25/12/2023, 07:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang hendak berlibur dari Jakarta ke Medan melalui jalan tol perlu mengetahui total tarifnya.

Dengan mempersiapkan biaya tol, perjalanan bisa berjalan lancar dan nyaman di tengah padatnya kendaraan libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), potensi pergerakan masyarakat secara nasional diprediksi sebanyak 107,63 juta orang.

Dari jumlah itu, pilihan moda transportasi yang digunakan untuk perjalanan didominasi mobil dengan 35,37 persen atau 39,97 juta orang.

Apalagi, Medan diprediksi menjadi salah satu dari beberapa kota tujuan perjalanan terbanyak secara nasional dengan jumlah 1,38 juta orang.

Lantas, berapa tarif perjalanan Tol dari Jakarta ke Medan? Cek di sini Catat, Ini Total Biaya Tol dari Jakarta ke Medan

SEPERTI prediksi awal saya, pilpres memasuki babak membosankan. Representasi debat yang membosankan untuk dilihat adalah ketika para capres dan cawapres hanya berkutat pada isu-isu normatif tanpa solusi.

Tema perkotaan dan kelayakhunian ruang hidup tidak mampu dicerna dan diekspresikan para cawapres.

Sejauh ini para tim ahli mereka masih sangat normatif dalam memberikan soal klise ini kepada calon jagoannya.

Mereka masih terbawa sentimen asal bangun cepat, tidak perlu rencana. Rasanya, tiga pasangan baik Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak memiliki visi jelas mengenai isu kota, perkotaan atau urbanisasi.

Kelihatannya tidak satu pun tim perumus visi para capres memaknai secara mendalam dan menyeluruh tentang isu masa depan ini.

Baca artikel lengkapnya di sini Mereka Tak Mengerti Isu Kota 

Proyek pembangunan yang sedang berjalan di Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya bersumber dari APBN.

Terdapat beberapa proyek investasi swasta yang telah dilaksanakan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama periode September-Desember 2023.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan, realisasi dana investasi yang berasal dari pihak swasta telah mencapai Rp 31,8 triliun.

"Total dana investasi yang masuk dalam pembangunan IKN telah mencapai Rp 41,4 triliun, dengan jumlah 22 proyek pembangunan untuk investasi swasta sejumlah Rp 31,8 triliun," jelasnya saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi IKN, Kamis (21/12/2023).

Baca informasi lengkapnya di sini Baca juga: Sederet Proyek Properti di IKN Besutan Investor Swasta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com