Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalin Padat, Tol Japek II Selatan Dibuka Sabtu Sore Ini

Kompas.com - 23/12/2023, 18:08 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara pada Sabtu (23/12/2023) pukul 16.15 WIB.

Dibukanya jalur fungsional ini dilakukan karena volume lalu lintas (lalin) di Simpang Susun (SS) Dawuan Km 66 Tol Japek arah Jakarta yang merupakan titik pertemuan lalin dari arah Bandung yang melewati Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) terpantau tinggi.

Selain itu, volume lalin dari arah Tol Trans-Jawa yang melewati Tol Japek juga terpantau tinggi.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, dibukanya jalur fungsional tersebut dilakukan atas diskresi Kepolisian.

"Saat ini terpantau lalin di SS Dawuan Km 66 Tol Japek arah Jakarta terpantau tinggi serta saat ini terpantau kepadatan menjelang Rest Area Km 62B Tol Japek arah Jakarta. Tidak hanya itu, kami beserta pihak Kepolisian juga memantau tidak ada kepadatan lalin di Jalan Provinsi (Jalan Industri) setelah akses keluar dari jalur fungsional," kata Charles, dikutip dari keterangan resmi.

Jalur fungsional Tol Japek II Selatan dibuka hanya untuk kendaraan kecil/golongan I non-bus, dengan kecepatan maksimal kendaraan 60 kilometer per jam.

Baca juga: Dua Ruas Tol Kutepat Dioperasikan Fungsional Libur Akhir Tahun

"Pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk jalur fungsional Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang. Setelah melewati jalur fungsional sepanjang 8,5 kilometer tersebut, pengguna jalan akan melewati jalan non-tol sepanjang 15-20 kilometer untuk masuk kembali ke Tol Japek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur di Km 54 atau GT Karawang Barat di Km 47," imbuhnya.

Jalur fungsional Tol Japek II Selatan mulai dari SS Sadang hingga GT Kutanegara tidak dikenakan tarif, namun pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Kutanegara.

Di GT ini, pengguna jalan akan membayar tarif Tol Jalan Tol Cipularang dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari GT di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Tol Cipularang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com