Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pengguna Tol Cijago dan Tol Serpong-Cinere, Sawangan-BSD Cuma 30 Menit

Kompas.com - 22/12/2023, 21:40 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua ruas tol pelengkap jaringan jalan di kawasan Jabodetabek dioperasikan secara fungsional, Jumat (22/12/2023) pukul 00.00 WIB.

Dua ruas tol tersebut, yaitu Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Limo dan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere.

Salah seorang warga yang menjajal ruas tol baru tersebut, Eky Rhidaf Sukri mengungkapkan, jalur itu mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Depok menuju Tangerang.

Eky melakukan perjalanan dari Gerbang Tol (GT) Sawangan sekitar pukul 14.29 WIB menuju GT BSD Timur dengan waktu tempuh hanya 31 menit.

"Tadi jalan santai kecepatan cuma 60 kilometer, sampai di tujuan Mercure BSD hanya 31 menit, jadi kalau sampai pintu tol paling 20 menitan," ujar Eky kepada Kompas.com.

Dengan adanya dua ruas tol baru tersebut, pengguna jalan tol dari Depok yang hendak menuju BSD tidak perlu melewati Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Keren banget itu aksesnya, dari Depok menuju BSD enggak perlu lagi harus bergabung dengan truk di JORR," lanjut Eky.

Baca juga: Berpelesir dari Jakarta ke Aceh via Jalan Tol, Segini Ongkosnya

Sedangkan jika melalui tol eksisting, kemungkinan perjalanan dari Depok menuju Tangerang bisa menghabiskan waktu hingga lebih dari satu jam.

Namun menurut Eky, waktu tempuh singkat tersebut juga disebabkan karena lalu lintas tol yang masih sepi.

"Tapi tadi kan masih sepi, karena baru dibuka banget tadi malam. Kalau sudah normal mungkin sudah ramai, bisa lebih dari 20 menit ya," tutur Eky.

Bahkan sampai artikel ini ditulis, dua ruas tol tersebut masih belum tersedia di Google Maps dan belum menjadi salah satu rute perjalanan yang disarankan.

Selain itu, Eky mendapati anak-anak yang kongkow di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan iseng melempar baru ke arah tol.

"Sebaiknya untuk awal-awal gini sering dilakukan patroli," saran Eky.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) Hilman Muchsin menuturkan, Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 kilometer telah lulus Uji Laik Fungsi dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta Surat Keputusan (SK) Operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2 Oktober 2023 lalu.

"Untuk periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Tol Cijago Seksi 3B masih dikenakan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai diputuskannya tarif terbaru," tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com