Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu 23 Desember, Akses Darangdan Tol Cipularang Dibuka

Kompas.com - 23/12/2023, 10:35 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad akan mengoperasikan secara fungsional Akses Darangdan di Km 99 Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Pengoperasian Akses Darangdan tersebut dimulai pada Sabtu (23/12/2023) pukul 12.00 WIB hingga Selasa (2/1/2024) pukul 22.00 WIB.

Kendaraan yang boleh melintas adalah golongan I non-bus dan non-truk di Km 99A sebagai akses keluar dan Km 99B sebagai akses masuk.

Pada periode pengoperasian secara fungsional tersebut, Akses Darangdan akan beroperasi selama 24 jam.

Pengoperasian fungsional ini sesuai persetujuan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka pelayanan selama arus mudik dan balik libur panjang Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Diharapkan Akses Darangdan dapat menjadi tambahan alternatif bagi pengguna jalan yang menuju atau dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Contraflow Tol Japek Km 47-65 Sabtu Pagi, Cek di Sini

Sehingga, Akses Darangdan dapat memperluas distribusi lalu lintas dan dapat berdampak kepada pengurangan kepadatan di akses keluar utama.

Setelah dioperasikan secara fungsional, nantinya akan kembali dilakukan evaluasi untuk memastikan kesiapan akses sebelum dioperasikan secara penuh untuk melayani pengguna jalan sesuai persetujuan Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com