Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Kecelakaan di Tol Cipali, Rencana Adopsi Flat 35 Rumah Subsidi, dan Sejarah MLFF

Kompas.com - 17/12/2023, 09:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas telah terjadi di Interchange Cikampek arah Jakarta, pada Jumat (15/12/2023) pukul 16:07 WIB.

Kecelakaan tunggal ini melibatkan bus Handoyo dengan identitas AA 7626 OA.

Awalnya, kendaraan melintas dari arah Cirebon dan akan keluar menuju Interchange Cikampek.

Setelah memasuki tikungan interchange, pengemudi diduga kurang mengantisipasi laju kendaraan sehingga laju kendaraan tidak terkendali, terbalik, dan menimpa guardrail.

Ada pun posisi akhir kendaraan terbalik miring menghadap timur.

Pada peristiwa ini terdapat 12 korban meninggal dunia, 1 korban luka berat, dan 8 korban luka ringan.

Baca informasi lengkapnya di sini Kronologi Kecelakaan Bus di Ruas Tol Cipali yang Tewaskan 12 Orang

Pemerintah tengah mempertimbangkan untuk mengadopsi Flat 35, sebagai skema pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Flat 35 yang telah sukses dijalankan di Jepang, ini merupakan skema pinjaman perumahan dengan suku bunga tetap yang disediakan oleh Badan Pembiayaan Perumahan Jepang atau Japan Housing Finance Agency (JHF) bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, usai penandatanganan Nota Kerja Sama antara BP Tapera dan JHF, di Langham Hotel Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Dipertimbangkannya Flat 35 sebagai opsi terkait pembiayaan rumah subsidi karena telah teruji selama puluhan tahun.

Selain itu juga selaras dengan transformasi yang tengah diinisiasi BP Tapera untuk secara mandiri tidak lagi tergantung pada APBN.

Baca informasi lengkapnya di sini Pemerintah Pertimbangkan Flat 35 Jepang Jadi Skema Pembiayaan Rumah Subsidi

Sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) telah diuji coba secara internal di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara, Jumat (15/12/2023).

Uji coba internal tersebut dilakukan oleh Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

RITS terpilih menjadi BUP MLFF berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021 Perihal Penetapan Pemenang Pelelangan Pengusahaan BUP Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Sistem Transaksi Tol Non-Tunai Nirsentuh Berbasis MLFF yang menetapkan Roatex Ltd. selaku pemrakarsa proyek sebagai pemenang lelang.

Kemudian Roatex Ltd. Zrt, membentuk RITS sebagai BUP. Saham RITS dimiliki 99 persen oleh Roatex Ltd. Zrt, dan sisanya atau 1 persen milik perseorangan yang juga berasal dari Hongaria.

Dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Sabtu (16/12/2023), proyek MLFF diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hongaria Victor Orbán ke Indonesia pada tahun 2016.

Lantas, apa itu MLFF? Baca informasi lengkapnya di sini Mengenal MLFF, Mulai dari Rencana hingga Uji Coba Perdana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com