BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Mengenal Township, Hunian di Kawasan Terpadu dengan Fasilitas Lengkap

Kompas.com - 08/12/2023, 15:50 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comTownship atau kota mandiri adalah kawasan yang dikembangkan menjadi kota baru dalam skala kecil. Seperti kota, township menyediakan area hunian yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung bagi penghuni.

Kawasan tersebut mengintegrasikan perumahan dengan fasilitas pendidikan, kesehatan, perkantoran, akses transportasi, arena olahraga dan gym, taman bermain, tempat ibadah, serta pusat perbelanjaan.

Selain itu, ruang terbuka hijau yang terdiri dari taman dan jalur jogging pun tersedia di township. Fasilitas ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Township biasanya terletak tak jauh dari kota utama dan terhubung dengan jalan protokol, jalan tol, serta transportasi publik. Sebab, kawasan ini berfungsi untuk menyangga kawasan kota tersebut. Keberadaan kota mandiri ditujukan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi masalah yang muncul di kota besar, seperti kepadatan penduduk, kemacetan, dan harga properti yang tinggi.

Bagi setiap pekerja atau keluarga yang berkantor di kota besar, kawasan township dapat menjadi opsi tempat tinggal. Kawasan ini memiliki sejumlah keunggulan ketimbang kawasan residensial lain.

Selain memiliki fasilitas lengkap dan aksesibilitas yang menghubungkan dengan kota utama, kawasan perumahan atau cluster di township biasanya sudah dibekali sistem keamanan elektronik yang bekerja setiap hari selama 24 jam.

Tiap klaster pun juga memiliki penjaga keamanan di setiap gerbang. Dengan demikian, penghuni tidak perlu khawatir karena setiap akses masuk ke township dijaga ketat petugas keamanan secara berlapis.

Keuntungan lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah harga. Jika dibandingkan properti di kota utama, harga hunian di kota mandiri lebih murah.

Selain itu, hunian di township juga punya nilai plus sebagai instrumen investasi. Seiring waktu, harga properti di kawasan tersebut akan mengalami peningkatan. Hunian di sana pun bisa pula disewakan sehingga dapat mendatangkan penghasilan.

Township yang bisa dipertimbangkan

Kawasan Jabodetabek memiliki sejumlah township. Beberapa di antaranya bahkan telah berkembang dan hampir menyerupai kota utama. BSD City yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, contohnya.

Township seluas 6.000 hektare (ha) tersebut mulai dikembangkan pada 1984. Seiring waktu, BSD City bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya mengembangkan kawasan dengan konsep smart city untuk menunjang ekosistem digital untuk penghuni.

Jika Anda tertarik memiliki hunian di BSD City, Kompas.com merangkumkan lima keunggulan township yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land tersebut.

1. Terhubung dengan jalan tol

BSD City sudah terhubung dengan lima ruas tol di Jakarta, yakni Tol Pondok Indah, Tol Kebon Jeruk, Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2), Jalan Tol Serpong, serta Tol Balaraja. Dengan demikian, penghuni dapat bepergian ke berbagai destinasi dengan mudah, khususnya jika hendak ke Jakarta.

2. Taman hiburan dan shopping center

Sebagai kawasan terpadu, BSD City sudah dilengkapi dengan wahana bermain atau theme park dan shopping center yang dapat dinikmati penghuni.

Theme park yang tersedia di BSD City adalah Ocean Park, Taman Kota 1, Taman Kota 2, Botanical Park BSD, serta BSD X Park. Wahana-wahana ini banyak didatangi masyarakat di Tangerang dan sekitarnya.

Untuk kawasan belanja, BSD City memiliki beberapa pilihan tempat yang bisa Anda kunjungi, seperti Pasar Modern BSD City, AEON Mall, ITC BSD, BSD Junction, BSD Plaza, GrandLucky Superstore, The Quantis Club, serta Teras Kota.

Ilustrasi hunian berkelanjutan.DOK. Sinar Mas Land Ilustrasi hunian berkelanjutan.

Saat ini, ada berbagai pilihan tempat hiburan dan fasilitas menarik yang juga sedang dikembangkan oleh BSD City. Beberapa diantaranya, Mal Eastvara, Cimory Dairyland, Rans Nusantara Hebat, The Barn hingga Biomedical Campus.

Dengan begitu, BSD City menjadi kawasan super lengkap yang menawarkan banyak pilihan hiburan serta shopping center.

3. Kawasan perkantoran dan bisnis

BSD City memiliki sekitar 22 kawasan perkantoran dan bisnis. Salah satu kawasan bisnis yang terkenal di BSD City adalah Biomedical Campus. Kawasan ini merupakan perkantoran futuristik yang dikembangkan di atas lahan seluas 25 ha. Biomedical Campus diproyeksikan menjadi rumah masa depan bagi perusahaan teknologi dan startup di Indonesia.

Selain Biomedical Campus, BSD City memiliki kawasan perkantoran dan bisnis lain, yakni Greenwich Business Park, West Village Commercial District, Boutique SOHO at Latinos, Golden Madrid X, Virginia Arcade, Ruko Tol Boulevard, Loka 65, serta Ruko Pasar Modern Timur.

Selanjutnya, Icon 5 Business Park, 92 Avenix, Campton, Foresta Business Loft, 91 District, YC Hub, BSD Green Office Park, Capital Cove, Digital Loft, Provence Suites, Taman Tekno BSD, Northridge, Daikanyama, serta ICE Business Park.

4. Sekolah bertaraf internasional

BSD City memiliki 16 lembaga pendidikan. Adapun sekolah bertaraf internasional di sekitar BSD City adalah Sinarmas World Academy (SWA), Sampoerna Academy, Deutsche Schule Jakarta, Jakarta Nanyang School, Genesis Global School, Ipeka Plus BSD City, Bina Nusantara School, AL Azhar School, Santa Ursula School, Stella Maris School, Saint John School, Cikal Harapan, dan Ora et Labora.

Sementara itu, lembaga pendidikan tinggi di sekitar BSD City adalah Prasetiya Mulya University, Monash University, serta Atma Jaya University.

5. Fasilitas eksklusif

Fasilitas eksklusif menjadi nilai plus di BSD City. Untuk sport club, misalnya, di kawasan ini terdapat Damai Indah Golf dan Tirta Golf Park.

Damai Indah Golf merupakan sport club yang memiliki dua lapangan golf berkelas internasional. Salah satu lapangannya terletak di BSD City.

Lapangan tersebut dirancang oleh mantan pegolf kenamaan, Jack Nicklaus. Lapangan BSD memiliki luas 6.454 meter persegi dengan pemandangan indah di setiap lubangnya.

Selain bermain golf, penghuni juga bisa makan sembari menikmati pemandangan yang indah, berenang di kolam renang ukuran Olimpiade, serta bermain tenis di lapangan dalam ruangan dan luar ruangan di area lapangan golf tersebut.

Itulah lima kelebihan yang ada di BSD City dan cocok untuk Anda jadikan sebagai daerah tempat tinggal maupun sekadar investasi properti.

Bagi Anda yang tertarik memiliki hunian di BSD City, Sinar Mas Land sedang mengadakan promo dalam program Smart Move, yakni KADO untuk bulan Desember ini. Adapun promo ini berlaku mulai tanggal 1 hingga 31 Desember 2023.

Promo Smart Move.DOK. Sinar Mas Land Promo Smart Move.

Selama promo tersebut, konsumen dapat menikmati berbagai keuntungan, yakni bebas biaya down payment (DP), insentif PPN hingga 220 juta, diskon hingga 22,5 persen, serta deposito hingga 3,5 persen.

Promo KADO bisa digunakan untuk membeli rumah tapak atau kavling di BSD City, seperti Myza Flathouse, The Blizfield, Apartemen Casa De Parco, dan Zena Co Living. Anda juga bisa mendapatkan berbagai pilihan properti idaman lain di BSD City menggunakan promo tersebut.

Untuk pembayaran, Sinar Mas Land bekerja sama dengan beberapa bank guna memudahkan transaksi, seperti BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, Mandiri, Danamon, OCBC NISP, Maybank, Bank Sinarmas, BNI, BRI, Bank BTN, Bukopin, UOB, BSI, Panin, Commonwealth, CCB Indonesia, Bank Woori Saudara (BWS), dan Bank INA.

Anda bisa mengunjungi website Sinar Mas Land, serta hubungi nomor telepon 021 53159000 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai promo Smart Move.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com