Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tuntas, Tol Makassar New Port Tahap 1-2 Sudah Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 08/12/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah ruas Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) berpotensi dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Pasalnya, konstruksi Tol MNP tahap pertama dan tahap kedua sudah selesai 100 persen, dan juga telah dilaksanakan uji laik fungsi.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Budiamin menyampaikan, terdapat dua ruas jalan tol yang telah beroperasi di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keduanya yaitu, ruas Tol Ujung Pandang Seksi 1-3 sepanjang 10,08 km, dan Tol Makassar Seksi IV sepanjang 11,60 km.

"Sedangkan untuk ruas tol yang belum operasional namun sudah dilakukan uji layak yaitu, Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 km," ujar Budiamin dikutip dari laman Kementerian PUPR, pada Jumat (08/12/2023).

Baca juga: 266 Km Ruas Jalan Tol Akan Dapat Dilalui Gratis Saat Natal-Tahun Baru

Pembangunan Jalan Akses Tol MNP dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP, dan tahap kedua dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP.

"Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya. Progres tahap pertama dan tahap kedua sudah mencapai 100%," jelasnya.

Kepala BBPJN Sulsel, Asep Syarip Hidayat menambahkan, untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Natal dan tahun baru, pihaknya memastikan seluruh jalan nasional fungsional tidak ada lubang, serta terlengkapinya pemasangan rambu dan marka jalan.

"Dipastikan selambat-lambatnya pada H-10 (15 Desember 2023) tidak ada perbaikan jalan baik tol maupun non-tol," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com