Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2023, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap satu telah mencapai 55 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan hal ini saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/11/2023).

"Rata-ratanya sekitar batch satu yang Jalan Tol, Kantor Presiden, Istana Presiden, Kantor-Kantor Pemerintahan sudah lebih dari 55 persen, mudah-mudahan nanti Juli-Agustus (2024) sudah jadi," ucap Basuki.

Secara rinci, Basuki mengungkapkan salah satu proyek yang ditarget kelar dibangun pada Juli 2024 adalah Jalan Tol IKN Seksi 3A, 3B, dan 5A.

Sementara untuk Jalan Tol IKN Seksi 5B yang merupakan akses menuju Bandara VVIP IKN baru saja selesai dikontrak.

"Yang akan jadi Juli itu 3A, 3B, 5A sampai Jembatan Pulau Balang. 5B, 6A, 6B baru kontrak," lanjut Basuki.

Baca juga: Periode September-Desember 2023, Investor Swasta Guyur Rp 45 Triliun untuk Bangun IKN

Selain itu, Kementerian PUPR juga mendapatkan mandat untuk membangun 47 tower apartemen untuk ASN dan pegawai Hankam. Proyek tersebut telah dikontrak dan masuk dalam tahapan penataan lapangan.

Pada kesempatan yang sama, Basuki mengatakan bahwa furnitur di Kantor Pemerintahan IKN akan menggunakan 100 persen produk dalam negeri.

"Istana Presiden, Kantor Presiden itu furniturnya 100 persen produk dalam negeri, dari Boyolali, NTB, dan Jepara," tandas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com