Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Ini Progres Konstruksi Bendungan Lau Simeme

Kompas.com - 21/11/2023, 08:39 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta meter kubik ini dibangun untuk menunjang pemenuhan kebutuhan air baku di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang sebesar 3.000 liter/detik.

Sampai dengan saat ini, konstruksi Bendungan Lau Simeme sudah mencapai 78,5 persen dan ditargetkan rampung pada semester I tahun 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

"Di samping itu kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal," kata Menteri Basuki seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun Bendungan Lau Simeme? Baca informasi lengkapnya di sini Pasok Air Baku di Medan dan Deli Serdang, Begini Progres Konstruksi Bendungan Lau Simeme

Di negara tropis seperti Indonesia, menjaga kesejukan dan kenyamanan selalu menjadi prioritas terutama di musim kemarau.

Karena itu, tak heran banyak rumah tangga telah menggunakan pendingin udara atau AC untuk mencegah efek panas yang berlebihan pada hunian.

Salah satu mode yang paling sering diaktifkan ketika menyalakan AC adalah mode cool. Mode ini biasanya dianggap sebagai mode default dari sebuah unit AC.

Karena fungsi utamanya adalah memberikan pendinginan yang signifikan dan mengubahnya menjadi suhu udara menjadi dingin, maka kinerjanya sangat bergantung pada kompresor AC.

Mode cool hanya ideal digunakan jika Anda ingin ruangan menjadi sangat dingin dalam kurun waktu yang diinginkan.

Namun, mengaktifkan mode ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan tagihan listrik Anda sangat tinggi.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Baca selengkapnya di sini Kapan Saat yang Tepat untuk Mengaktifkan Mode ‘Cool’ pada AC?

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akhirnya menyelesaikan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) 2.

Kehadiran tol ini diharapkan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek serta mengurai kepadatan arus lalu lintas, khususnya di Kota Depok.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” kata Menteri Basuki.

Baca di sini untuk mengetahui informasi lebih lengkap Tol Cijago Akhirnya, Seluruh Ruas Tol Cijago Rampung Dikerjakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com