Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep "Township" Bikin Sektor Properti di Barat Jakarta Berkembang Pesat

Kompas.com - 17/11/2023, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat properti, Anton Sitorus mengatakan pembangunan properti di Barat Jakarta tepatnya di Tangerang telah menjadi barometer industri properti di Jabodetabek.

Salah satu faktor yang menyebabkan sektor properti berkembang pesat di daerah tersebut adalah pengembangan konsep township yang dikembangkan secara terencana.

Menurutnya, kehadiran produk dengan konsep skala kota ini tak lepas dari perencanaan yang matang dalam pengembangannya.

“Dengan perencanaan yang matang dan konsep yang kuat, sebuah proyek township akan memiliki pridIe dan prestige yang nyaman untuk hunian serta sebagai kawasan bisnis,” jelas Anton dalam acara Elevee Media Talk yang diadakan di Alam Sutera, Tangerang, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Ini Alasan Rumah di Kawasan Township Lebih Memikat Pembeli

Salah satu proyek township yang sukses adalah Alam Sutera yang telah dikembangkan sejak awal tahun 1990-an.

Menurut Anton, saat ini Alam Sutera telah menjadi “brand” produk properti yang diminati konsumen terutama karena infrastruktur yang berkembang dan fasilitas yang terus bertambah.

Terkait infrastruktur yang terus dikembangkan tentunya akan memberikan kemudahan konektivitas dan aksesibilitas.

Dalam pengembangannya, kawasan township telah berfungsi sebagai tempat live, learn, work, play yang aktif selama 24 jam sehingga menjadi kawasan one stop solutions.

Selain itu, pengembangan township saat ini Anton selalu berlandaskan sustainability dan healthy living.

“Pendekatan ini selalu menjadi acuan bagi produk properti yang dikembangkan dengan konsep township. Ini telah menjadi trend global yang menjadi keharusan. Dan terbukti produk properti yang mengedepan unsur ini selalu diminati masyarakat,” tukas Anton.

Sementara itu, Chief Marketing Officer (CMO) Elevee Condominium, Alvin Andronicus, menyatakan bahwa faktor lain yang membuat Alam Sutera menjadi kawasan yang diminati konsumen adalah faktor manajemen kota.

Baca juga: Begini Cara Alam Sutera Tetap Eksis di Pasar Hunian Vertikal

“Ini memerlukan waktu panjang, kita (Alam Sutera) hampir 30 tahun membangun kawasan seluas 800 hektar ini. Dan produknya terus berkembang," papar Alvin.

Dikatakan, pembangunan kawasan Alam Sutera berawal dari konsep landed house bergaya cluster sampai dengan saat ini telah dikembangkan produk superblok, seperti Elevee Condominium.

"Elevee Condominium tak hanya berkonsep sebagai hunian vertikal saja tapi dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk kebutuhan penghuninya tapi juga forest park seluas 4 hektar,” jelasnya. 

Dikatakan, Elevee adalah hunian vertikal dengan konsep kondominium yang memiliki dimensi unit lebih luas dibanding produk hunian vertikal di sekitarnya. Ukuran unit terkecil di Elevee Condominium adalah 87,8 meter persegi.

Lokasinya berada di kawasan premium Alam Sutera, tepatnya di area seluas 19 hektar yang dinamai Escala.

"Kawasan Escala akan memiliki beragam fasilitas dan akan menjadi central living Alam Sutera karena lokasinya strategis. Sementara itu, di dalam Elevee Condominium terdapat beragam fasilitas yang memanjakan penghuninya,” tambah Alvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com