Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75.000 Tiket Kereta Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru Ludes Terjual

Kompas.com - 14/11/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka penjualan tiket Kereta Api (KA) keberangkatan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Berdasarkan data dari PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, per 13 November 2023 tercatat sebanyak 75.000 tiket KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah terjual.

Mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 22 dan 23 Desember 2023.

Okupansi rata-rata 50-60 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 21 Desember 2023 yang mencapai 60 persen.

Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Untuk menyambut angkutan Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 1 Jakarta melakukan inspeksi lintas Cikarang-Cikampek.

Baca juga: Akhir Pekan, Kereta Cepat Whoosh Angkut 21.312 Penumpang

Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Iwan Eka Putra mengatakan, terdapat 8 stasiun yang diinspeksi, yaitu Cikarang, Lemahabang, Kedung gedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek.

Sementara yang menjadi objek pemeriksaan antara lain, kelengkapan administrasi, fasilitas stasiun, kecakapan petugas, serta prasarana perjalanan KA seperti jalur rel, jembatan, wesel, hingga mencari potensi bahaya di sepanjang jalur KA.

Pada inspeksi ini, jajaran manajemen tidak hanya fokus terhadap peralatan pendukung kerja, namun juga melakukan diskusi serta memberikan pembinaan dan arahan kepada petugas mulai dari tingkat Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) hingga jajarannya.

"Jajaran Management KAI Daop 1 melakukan inspeksi untuk memastikan secara langsung bahwa pemeliharaan dan pengendalian risiko keselamatan di area stasiun serta lingkungannya sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai tugas pokok dan fungsi," ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com