Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Ruas Kelar Awal 2024, Nih Kabar Terbaru Proyek Tol Yogya-Bawen

Kompas.com - 03/11/2023, 08:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) kini sedang dalam penyelesaian konstruksi khususnya pada Seksi 1 JC Sleman-SS Banyurejo.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (02/11/2023), terkait bangunan Cagar Budaya Padukuhan Pundong 2 Kalurahan Tirtoadi yang terdampak proyek, saat ini telah dilakukan survey dan review Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk Relokasi Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini progres konstruksi Seksi 1 sepanjang 8,8 Km telah mencapai 59,93% dan ditargetkan rampung pada Kuartal Pertama Tahun 2024 mendatang.

Kemudian untuk konstruksi Seksi 6 Ambarawa-Bawen yang sudah dimulai pelaksanaannya, PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) sudah berkordinasi dengan Bupati Semarang terkait Izin memulai konstruksi di wilayah semarang.

Di mana saat ini sedang dilakukan pekerjaan pembersihan lokasi kerja, timbunan tanah, dan borpile.

Baca juga: Ada Insiden Jebol di Tol Yogyakarta-Bawen, Jasa Marga Lakukan Dewatering

Untuk diketahui, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan melintasi dua Provinsi yaitu, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,80 Km.

Dengan total panjang 75,13 Km, jalan tol ini terbagi menjadi enam seksi, meliputi Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,8 Km; Seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,2 Km

Lalu, Seksi 3 Borobudur-Magelang sepanjang 8,1 Km; Seksi 4 Magelang-Temanggung sepanjang 16,6 Km; Seksi 5 Temanggung-Ambarawa sepanjang 21,2 Km; dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen sepanjang 5,12 Km.

Ketika Jalan Tol Yogyakarta-Bawen beroperasi penuh akan mempercepat akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta, yang sebelumnya sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Sehingga diharapkan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata, serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com