Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Indralaya-Prabumulih Diresmikan Jokowi, Pertama Kali di Titik Nol Tol

Kompas.com - 26/10/2023, 14:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer, Kamis (26/10/2023).

Untuk pertama kalinya, peresmian ruas tol ini bukan dilakukan di Gerbang Tol (GT), melainkan di Titik Nol Tol Indralaya-Prabumulih.

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kemudian, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Walikota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, tol ini merupakan bagian dari 2.800 kilometer jalan tol di Sumatera yang sedang dibangun oleh pemerintah.

Nantinya, akan meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa sehingga daya saing menjadi semakin baik.

Baca juga: Mulai Malam Ini, Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup Sementara

Jokowi juga menekankan betapa pentingnya peningkatan infrastruktur yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintah agar dapat bersaing dengan negara-negara lain yang pembangunannya dapat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga swasta.

“Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer telah selesai dan segera dioperasikan. Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumsel dengan biaya investasi Rp 12,5 triliun," ungkap Jokowi.

Menurutnya, investasi yang diguyur memang sangat besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, dan industri.

Untuk diketahui, jalan tol ini ditunjang berbagai fasilitas struktur seperti 2 simpang susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 box overpass, 22 box pedestrian, 1 GT, 1 pasang Rest Area Tipe A, dengan kecepatan rencana mencapai 100 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com