Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejauh Ini, Indonesia Punya Daerah Irigasi Seluas 9,1 Juta Hektar

Kompas.com - 20/10/2023, 08:04 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini memiliki daerah irigasi (DI) seluas 9.136.028 hektar.

Namun, demi mendukung ketahanan pangan dan air secara nasional, pemerintah masih terus melakukan berbagai upaya.

Di antaranya pembangunan dan pengembangan jaringan irigasi baru, peningkatan tata kelola operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi, serta rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi jaringan irigasi.

"Selain upaya-upaya tersebut, kita juga perlu melakukan modernisasi irigasi untuk meningkatkan keandalan layanan irigasi menjadi lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan, melebihi perencanaan semula," ujar Zainal Fatah dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (19/10/2023).

Dia menjelaskan, modernisasi irigasi dilakukan melalui kegiatan perbaikan dan pembaruan keandalan penyediaan air irigasi, perbaikan sarana dan prasarana irigasi, penyempurnaan sistem pengelolaan irigasi, penguatan institusi pengelola irigasi, serta pemberdayaan sumber daya manusia.

Baca juga: Dikenalkan Basuki Saat Kongres Air Dunia di China, Ini Sistem Irigasi Subak Bali

Melalui modernisasi irigasi, harapannya ada perbaikan dan peningkatan kinerja layanan irigasi secara menyeluruh, khususnya pada jaringan irigasi yang dikelola pemerintah daerah.

"Sehingga diharapkan dapat meningkatan produktivitas pertanian guna mencapai ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Zainal Fatah mengungkapkan, implementasi modernisasi irigasi telah mulai dilakukan di DI Rentang, Provinsi Jawa Barat.

Nantinya akan mengairi areal pertanian seluas 87.840 hektar di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu, dengan memanfaatkan debit Sungai Cimanuk.

"Dengan modernisasi yang telah dilakukan, diperkirakan pada tahun 2025 dapat meningkatkan indeks pertanaman hingga 280% di tiga kabupaten yang didukung DI Rentang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com