Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November 2023, Bendungan Ameroro Siap Airi 3.363 Hektar Irigasi

Kompas.com - 29/09/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk akan menyelesaikan Bendungan Ameroro Paket II pada November 2023.

Progres bendungan yang berlokasi di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini telah tembus 96,5 persen.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, proyek  tersebut menunjukkan perkembangan yang positif dan tinggal menyisakan beberapa pekerjaan lagi.

Ini di antaranya menyelesaikan peluncur spillway (bangunan pelengkap dari bendungan yang berfungsi sebagai pengaman terhadap bahaya air banjir) sebanyak 9 blok, serta impounding (pengisian air awal bendungan).

Baca juga: Dibangun Senilai Rp 1,6 Triliun, Ini Potensi Manfaat Bendungan Ameroro

"Sehingga, proyek ini kami targetkan selesai lebih cepat dari master schedule yang telah ditentukan,” ujar Tjahjo pada keterangan tertulis, Jumat (29/9/2023).

Dengan total nilai kontrak sebesar Rp 570 miliar ini, Hutama Karya melakukan serangkaian pekerjaan yang meliputi persiapan, pembangunan akses jalan, bangunan pelimpah, pembuatan lanskap, penerapan sistem manajemen keselamatan konstruksi, pemasangan hidromekanikal hingga clearing (pembesihan) area genangan.

Bendungan dengan total luas lahan 578,78 hektar tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Nantinya, Bendungan Ameroro akan memiliki kapasitas tampung 98 juta meter kubik dengan luas genangan 380 hektar.

Infrastruktur sumber daya air (SDA) ini dapat  menambah layanan daerah irigasi seluas 3.363 hektar.

Selain dengan penerapan teknologi dalam proses pembangunannya, percepatan proyek ini juga dilakukan dengan berkomunikasi secara intens kepada beberapa stakeholder (pemangku kepentingan) terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com