Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2023, 14 TPA di Indonesia Alami Kebakaran

Kompas.com - 11/10/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2023, tercatat sebanyak 14 tempat pembuangan akhir (TPA) di Indonesia mengalami musibah kebakaran.

Dari 14 TPA tersebut, 13 diantaranya berlokasi di Pulau Jawa. Sementara 1 TPA lainnya ada di Sulawesi.
Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti dalam Webinar “Pengelolaan Sampah Berkelanjutan untuk Mendukung Ekonomi Perkotaan yang Tangguh”, Rabu (11/10/2023).

Menurut Diana, saat ini banyak TPA di Indonesia masih bermasalah. Mulai dari cara pengelolaan yang tidak benar hingga pendanaan yang belum maksimal. Hal tersebut membuat proses operasional TPA tidak dapat berjalan dengan baik. 

“Buktinya di 2023 ada 14 TPA yang terbakar, 13 ada di Jawa,” ungkap Diana.

Baca juga: Pembangunan TPA Sampah Regional di Babel Terganjal Penolakan Warga

Dikatakan, kebakaran terjadi akibat pengelola yang tidak mengetahui bagimana cara pengelolaan yang tepat.

“TPA terbakar akibat mereka tidak mengetahui cara pemrosesan sampah. Ternyata temperatur sudah tinggi tapi pengelola sampah tidak tahu. Padahal itu harusnya disiram dengan air lindi. Karena itu, TPA tersebut harus terbakar,” paparnya.

 

Tentu ini menjadi permasalahan serius lantaran butuh waktu lama untuk memadamkan kebakaran, bahkan bisa mencapai 1 minggu.

Baca juga: Basuki Puji Pengelolaan TPA Sampah Supit Urang di Malang, Ini Cara Kerjanya

Diana berharap ada perhatian serius dari Pemerintah Daerah (Pemda) soal pengelolaan sampah. Terlebih, Pemerintah Pusat sudah menyediakan sarananya.

“Kita tidak bisa sendirian. Pemerintah pusat membangun sarananya tetapi pengelolaanya ada di daerah masing-masing mulai dari pengumpulan, pengangkutan, pembuatan hingga pemrosesan akhir,” tandas Diana.

Beberapa TPA yang mengalami kebakaran di tahun 2023 antara lain TPA Sumompo, di Manado, Sulawesi Utara, TPA Sarimukti di Bandung Barat, TPA Purbahayu di Pangandaran serta TPA Jatibarang, Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com