Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Negara Pertama di Luar Singapura, Gelar ASEAN Gateway Conference

Kompas.com - 10/10/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - UOB Gateway to ASEAN Conference 2023 bertajuk ASEAN Forging Ahead bakal digelar pada Rabu (11/10/2023) di Hotel Raffles Jakarta.

Wholesale Banking Director UOB Indonesia Harapman Kasan mengatakan, ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan investasi di Indonesia.

"Ini kesempatan yang bagus sekali untuk kita melakukan event, sehingga kita bisa menghubungkan investor, pelaku bisnis dengan pemerintah, sekaligus untuk meningkatkan investasi di Indonesia terutama," jelasnya dalam konferensi pers, Senin (9/10/2023).

Agenda ini akan menghadirkan pemerintah, mitra dagang, dan calon investor asing dari beberapa negara, seperti Malaysia, China, Thailand, Korea Selatan, dan lainnya.

"Kalau kita bicara historical tiga tahun terakhir yang kita bisa mendatangkan 11,5 miliar sing dollar (SGD), dengan acara ini kita harapkan tiga tahun ke depan bisa lebih besar," imbuhnya.

Sementara Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia Maya Rizano menjelaskan, Indonesia menjadi negara pertama di luar Singapura yang terpilih untuk menjadi penyelenggara ASEAN Gateway Conference, berkat adanya ASEAN Summit 2023 di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Revisi UU IKN Disahkan, Investor Dapat HGU 95 Tahun

Ke depannya, ASEAN Gateway Conference juga akan dilaksanakan di negara lain, seperti Thailand, Malaysia, Vietenam, dan lainnya.

"Ini merupakan salah satu milestone untuk pembicaraan lebih jauh mengenai outlook arus perdagangan, investasi dan bisnis," ucapnya.

Sedangkan ASEAN terbukti menjadi kawasan yang tangguh di tengah gejolak dan ketidakpastian pasar selama pandemi melanda.

"Maka Indonesia akan disoroti sebagai destinasi investasi yang menarik mengingat Indonesia berpotensi menjadi pusat production hub dan e-commerce hub," lanjutnya.

Oleh karena itu, konferensi ini bakal memberikan dampak positif untuk perekonomian, menumbuhkan lapangan kerja, dan mendorong sektor usaha menjadi lebih maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com