Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan lelang proyek Landasan Udara Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LSPE), Senin (9/10/2023), proyek ini dinamai Pemenuhan Sebagian Kebutuhan Pembangunan Bandara VVIP (Sisi Landasan Udara): Paket Konstruksi Fisik.

Pekerjaannya didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023 senilai Rp 4.286.668.930.000 atau Rp 4,2 triliun.

Dalam uraian singkat paket dijelaskan, sesuai dengan rencana pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun Bandara VVIP (Sisi Landasan Udara).

Tujuannya adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas tamu penting (VVIP) dari dan menuju kawasan IKN melalui transportasi udara.

Lokasi paket kerjaan ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Diketahui ada 80 peserta mengikuti tender yang dibuat pada 29 September 2023 dengan akhir masa pendaftaran ditetapkan pada 9 Oktober 2023.

Baca juga: Perusahaan Teknologi Asal Paris Turut Serta Bangun IKN

Sementara dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ditargetkan dilakukan groundbreaking proyek Bandara VVIP IKN pada 1 November 2023.

"Kami datang kemari untuk mengecek dan melakukan persiapan, karena pada 1 November 2023 nanti, ditargetkan akan dilakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Bandara VVIP IKN," ujar Menhub dalam kunjungannya ke IKN pada Selasa (3/10/2023).

Desain terminal Bandara VVIP IKN memadukan unsur kearifan lokal, modern, serta ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com