Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2023, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, akan ada groundbreaking proyek baru di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada November 2023 mendatang.

"Nanti November dong (groundbreaking lagi) saya lapor dulu sama Presiden," ucap Bahlil saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta pada Senin (2/10/2023).

Lanjutnya, salah satu investor yang direncanakan ikut melaksanakan groundbreaking ini adalah PT Pakuwon Jati Tbk.

"Ya (Pakuwon) salah satu di antaranya, saya lapor sama Presiden dulu," imbuh Bahlil.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap setiap bulan ada groundbreaking yang dilakukan di IKN.

"Setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya dan saya akan datang ke sini setiap bulan, dan jadwalnya memang sudah ada di Kepala Otorita (IKN)," ujar Jokowi dilansir siaran pers Sekretariat Presiden.

Baca juga: Siapkan Rp 500 Miliar, Taipan Dato Sri Tahir Akan Bangun RS Mayapada di IKN

Sebelumnya, PT Pakuwon Jati Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Marriott International untuk membangun tiga hotel berbintang di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tiga hotel berbintang yang akan dibangun oleh raja properti asal Surabaya ini adalah Westin, Four Points, dan Tribute Portfolio.

Penandatanganan kerja sama yang digelar di Sheraton Grand Jakarta, Gandaria City, Rabu (13/9/2023) ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara PT Pakuwon Jati Tbk dan PT Bina Karya (Persero) terkait pembangunan pusat perbelanjaan terintegrasi di IKN pada Juli 2023.

Bertindak sebagai saksi Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Dhony Rahajoe dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Direktur Utama Pakuwon Jati Alexander Stefanus Ridwan Suhendra mengungkapkan, pembangunan hotel ini merupakan bagian dari proyek mixed-use Pakuwon di IKN dan akan dilakukan secara paralel bersamaan dengan tahapan pembangunan IKN yang sedang berlangsung.

"Tahap pertama akan dimulai dengan pembangunan hotel Four Points, kemudian diikuti oleh pembangunan Westin dan Tribute Portfolio," jelas Stefanus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com