Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 51 Persen PDAM dalam Kondisi Sehat

Kompas.com - 02/10/2023, 18:07 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menyebutkan, sebanyak 51 persen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia dalam keadaan sehat.

"Ada tiga kategori, kategori sehat, kurang sehat, dan sakit, yang sehat ini sudah hampir 51 persen, kemudian yang kurang sehat ini ada beberapa, yang sakit ini ada beberapa. Saya lupa jumlahnya, saya takut salah nanti," ucap Diana usai konferensi pers Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2023 di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Pemerintah Hadapi Banyak PR soal Air Minum Layak, Ini Solusinya

Diana berharap, PDAM yang sakit tersebut dapat dibenahi oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pembinaan kelembagaan PDAM sakit pun dilakukan setiap tahunnya.

Kemudian, pengurangan terhadap kebocoran, dan melihat bagaimana sarana dan prasarananya PDAM tersebut, maupun sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Diana menjelaskan, permasalahan utama dari PDAM kurang sehat terletak pada Full Cost Recovery (FCR). Artinya, harus dapat melakukan pengelolaan dan memiliki biaya yang baik.

Lalu, PDAM yang sakit memiliki kebocoran tinggi, pengelolaannya kurang baik, serta memiliki banyak kerugian.

"Nah, ini yang perlu kita benahi, kelembagaannya, administrasinya, kemudian SDM-nya, kualitas airnya, dia harus 24 jam yang kayak gitu," tambah dia.

Saat ini, pemerintah masih menemukan kendala terhadap penyaluran air bersih, terutama soal air minum layak.

Hanya sebesar 21 persen air bersih yang dilayani dengan perpipaan. Sedangkan untuk layanan air minum layak sudah diakses sebanyak 91 persen.

Air minum itu untuk capaiannya kita masih 91 persen. Berarti, ada gap (jarak) 8 persen-9 persenan Sedangkan perpipaan, berarti yang PDAM-PDAM itu, masih 21 persen,” tutur Diana.

Diana mengungkapkan, hal inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Kementerian PUPR agar seluruh masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com