Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah terpilih sejak tahun 2021 silam.

Desain berbentuk burung garuda yang sedang mengepakkan sayap tersebut merupakan karya dari I Nyoman Nuarta yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Itu merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang akan dibangun di atas lahan seluas 55,7 hektar dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

Nyoman pun membeberkan alasan dibalik terpilihnya burung garuda sebagai desain istana negara.

"Istana Garuda dirancang sebagai “sesosok rumah” yang berasosiasi pada burung Garuda. Tidak hanya berhenti pada landmark sebuah kawasan, tetapi lebih sebagai perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi," kata Nuarta.

Nuarta berpendapat, perpaduan ketiganya selalu mewarnai keberadaan bangunan-bangunan ikonik di seluruh dunia.

Baca juga: Jokowi Pasang Modul Bilah Burung Garuda di Kantor Presiden IKN

"Desain Istana Garuda akan benar-benar ditransformasikan dan diwujudkan dalam bentuk pola arsitektur dengan mempertimbangkan aspek-aspek estetik, nilai guna, serta manfaat bagi kemajuan dunia pariwisata Tanah Air," ucapnya.

Menurut Nuarta, burung Garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Indonesia dengan berbagai perbedaan, silang pandang, keragaman adat istiadat dan perilaku, maupun perbedaan kepercayaan dan agama.

Kata dia, garuda merupakan simbol persatuan. Apalagi, juga menjadi bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.

Mengutip laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenprarekraf), Jokowi akan berkantor di Istana Garuda.

Ini menggambarkan sosok kepala negara tersebut berada di garis depan untuk memimpin Indonesia menggapai cita-cita, keadilan sosial, dan kemakmuran bersama.

Baca juga: Seputar Proyek Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN, Biaya hingga Fasilitasnya

"Secara simbolik, peran ini mengandung bahasa keindahan, keramahtamahan, keteduhan kemandirian, serta kewibawaan sebagai pemimpin bangsa yang besar,” ujar Nuarta.

Secara konsep dan bentuk, Nyoman mengklaim istana garuda akan menjadi istana presiden pertama di dunia yang dibangun sebagai sebuah karya seni.

Sedangkan secara teknologis, Istana Garuda akan menggunakan teknologi pembuatan patung yang telah dipatenkan.

“Sosok burung yang berasosiasi pada garuda dalam Istana Garuda akan dibangun dari kerangka baja, serta cangkang dari tembaga, kuningan, galyalum dan kaca," papar Nuarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com