Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Perkawinan Intiland dan Mitbana Lahirkan Green Bestari Park

Kompas.com - 03/09/2023, 11:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menikah secara resmi pada 5 Agustus 2022, PT Intiland Development Tbk dan Mitsubishi Corporation-Surbana Jurong (Mitbana Urban Development) akhirnya melahirkan Green Bestari Park, di Telaga Bestari, Cikupa, Tangerang.

Proyek hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD) ini akan diluncurkan dan diumumkan kepada publik pada Selasa 5 September 2023.

Untuk diketahui, pernikahan bisnis antara Intiland dan Mitbana ini diwujudkan melalui pembentukan perusahaan joint venture PT Inti Mitbana Development (IMD).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com beberapa waktu lalu, Chief Executive Officer Mitbana Yap Shih Chia mengatakan, Indonesia selalu menjadi pilihan pasar investasi utama bagi Mitbana.

"Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang kuat dan kebijakan yang pro-investasi sehingga memberikan kami alasan terbaik untuk tetap berkomitmen dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan di ekonomi terbesar  Asia Tenggara ini," tuturnya.

Baca juga: Duet Mitbana dan Sinarmas Land Rilis Klaster Hunian Pertama di Hiera BSD City

Presiden Direktur & Chief Operating Officer Mitbana Joseph Ueda menambahkan, Mitbana akan memanfaatkan pengalaman Mitsubishi Corporation dalam mengurasi perkembangan perkotaan serta keahlian teknis Surbana Jurong terkait perencanaan dan desain perkotaan dalam berbagi praktik terbaik dari Jepang dan Singapura.

"Bersama Intiland, kami ingin menciptakan pembangunan berkelanjutan terdepan di Talaga Bestari dan mendorong pembangunan komunitas sosial yang inklusif," ucapnya.

Mitbana yang mengempit 70 persen kepemilikan dari aliansi ini akan menyediakan dukungan teknis untuk pembuatan rencana induk, desain perkotaan, dan infrastruktur Green Bestari Park.

Mitbana telah menyiapkan desain dan fitur-fitur pengembangan berkelanjutan, termasuk penyediaan area hijau dan central park, jalur pedestrian dan sepeda yang akan terhubung dengan area-area hijau di seluruh kawasan pengembangan.

Town Center di Green Bestari ParkMitbana Town Center di Green Bestari Park
Sementara Intiland akan lebih fokus pada persiapan lahan, pengembangan infrastruktur dan hubungan dengan pihak-pihak utama setempat, serta penanganan proses kontruksi dari pengembangan baru kawasan ini.

Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan, Green Bestari Park dikembangkan karena memiliki prospek sangat baik.

Hal ini seiring dengan semakin lengkapnya pengembangan infrastruktur jalan yang meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas ke berbagai tujuan di Jakarta maupun Tangerang.

Kawasan Talaga Bestari sebagai lokasi proyek, menurut Permadi, sangat strategis karena ditopang jalan tol Jakarta-Merak serta tersediannya pintu Tol Balaraja Timur yang memudahkan akses dari dan menuju Jakarta atau Tangerang, termasuk akses langsung menunju kawasan pusat bisnis di Jakarta.

Baca juga: Intiland dan Mitbana Berkongsi, Kembangkan TOD 51 Hektar di Tangerang

Lokasi Talaga Bestari juga dekat dengan Tol Serpong-Bandara yang terhubung dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Infrastruktur lainnya yakni Tol Serpong-Balaraja yang saat ini sedang proses pembangunan serta rencana Tol Balaraja-Bandara. Keduanya dekat dengan kawasan pengembangan baru Talaga Bestari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com