Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evolusi Ubin, Mulai dari Motif, Ukuran hingga Teknologi Cetak

Kompas.com - 31/08/2023, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ubin atau tile adalah elemen penting dalam desain interior, tidak hanya berfungsi sebagai pelapis lantai dan dinding, tetapi juga untuk memberikan estetika dan kenyamanan dalam ruangan.

Seiring berjalannya waktu, saat ini teknologi produksi tile juga terus berkembang, tidak hanya dari bahan materialnya, tetapi juga ukuran dan jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dan evolusi tile yang dirangkum PT Demix Sarana Industri Indonesia:

Tegel Keramik

Tegel keramik merupakan salah satu material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari tanah liat. Jenis tile ini masuk ke Indonesia pada era penjajahan Belanda, kemudian lambat laun mulai banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia terutama untuk segmen menengah.

Baca juga: Haruskah Merendam Ubin Keramik Sebelum Dipasang?

Salah satu ciri dari tegel keramik adalah memiliki pori-pori yang cukup besar, kondisi ini akhirnya membuat tegel tidak cocok ditempatkan di area basah, seperti kamar mandi ataupun teras.

Namun demikian, tegel keramik tetap mencuri perhatian publik karena motifnya yang menampilkan kesan eksotik.

Seiring berjalannya waktu, tegel keramik juga mengalami perkembangan inovasi, mulai dari motifnya yang beragam hingga ukurannya.

Awalnya, ukuran tegel dibuat sebesar 20 cm x 20 cm atau 30 cm x 30 cm, namun seiring perkembangan zaman kini ukuran tegel berevolusi menjadi lebih besar hingga berukuran 60 cm x 60 cm.

Mosaic

Mosaic adalah jenis tile yang terdiri dari fragmen-fragmen kecil yang diatur dengan cara seni untuk membentuk pola yang unik. Asal-usul mosaic dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu.

Zaman Romawi adalah salah satu titik awal penggunaan mosaic sebagai seni dekoratif. Pada masa itu, mosaic dibuat dengan merangkai potongan-potongan batu warna-warni untuk menghasilkan gambar-gambar yang indah pada lantai dan dinding.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Keramik Kamar Mandi Anti Slip

Karena keindahan karya seni yang diciptakan, saat ini banyak produsen tile yang membuat tile jenis ini, namun tentunya dengan teknologi yang lebih canggih.

Motif dan bentuk mosaic juga selalu berevolusi, jika dulu hanya sebatas bentuk persegi, kini Anda bisa menemukannya dalam bentuk segi lima, segi tiga hingga lingkaran.

Marmer dan Granit Alam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com