Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Evolusi Ubin, Mulai dari Motif, Ukuran hingga Teknologi Cetak

Seiring berjalannya waktu, saat ini teknologi produksi tile juga terus berkembang, tidak hanya dari bahan materialnya, tetapi juga ukuran dan jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dan evolusi tile yang dirangkum PT Demix Sarana Industri Indonesia:

Tegel Keramik

Tegel keramik merupakan salah satu material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari tanah liat. Jenis tile ini masuk ke Indonesia pada era penjajahan Belanda, kemudian lambat laun mulai banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia terutama untuk segmen menengah.

Salah satu ciri dari tegel keramik adalah memiliki pori-pori yang cukup besar, kondisi ini akhirnya membuat tegel tidak cocok ditempatkan di area basah, seperti kamar mandi ataupun teras.

Namun demikian, tegel keramik tetap mencuri perhatian publik karena motifnya yang menampilkan kesan eksotik.

Seiring berjalannya waktu, tegel keramik juga mengalami perkembangan inovasi, mulai dari motifnya yang beragam hingga ukurannya.

Awalnya, ukuran tegel dibuat sebesar 20 cm x 20 cm atau 30 cm x 30 cm, namun seiring perkembangan zaman kini ukuran tegel berevolusi menjadi lebih besar hingga berukuran 60 cm x 60 cm.

Mosaic

Mosaic adalah jenis tile yang terdiri dari fragmen-fragmen kecil yang diatur dengan cara seni untuk membentuk pola yang unik. Asal-usul mosaic dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu.

Zaman Romawi adalah salah satu titik awal penggunaan mosaic sebagai seni dekoratif. Pada masa itu, mosaic dibuat dengan merangkai potongan-potongan batu warna-warni untuk menghasilkan gambar-gambar yang indah pada lantai dan dinding.

Karena keindahan karya seni yang diciptakan, saat ini banyak produsen tile yang membuat tile jenis ini, namun tentunya dengan teknologi yang lebih canggih.

Motif dan bentuk mosaic juga selalu berevolusi, jika dulu hanya sebatas bentuk persegi, kini Anda bisa menemukannya dalam bentuk segi lima, segi tiga hingga lingkaran.

Marmer dan Granit Alam

Marmer adalah salah satu jenis penutup lantai yang terbuat dari batuan metamorf. Marmer memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, corak marmer juga sangat unik dan terkesan mewah.

Untuk ukurannya juga sangat beragam, salah satu ukuran yang banyak digemari adalah slab marmer atau marmer berukuran besar, dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara itu, ukuran standar ketebalan marmer adalah 2 cm. Tingkat ketebalan marmer tersebut telah diperhitungkan dengan cermat untuk berbagai keperluan arsitektur dalam pembangunan.

Granit adalah salah satu jenis tile yang terbuat dari bongkahan batuan granite. Jenis ini menjadi salah satu bahan material favorit terutama untuk di segmen atas karena memiliki ketahanan yang cukup kuat.

Dari segi ukuran, granit berasal dari bongkahan batu dari alam yang dipotong menjadi slab berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Homogeneous Tile

Homogenous tile adalah jenis tile yang melalui proses pembuatan di pabrik dan terbuat dari dari campuran kaolin, porselen, silika, feldspar, serta bahan mineral lainnya yang diolah dengan tekanan serta pemanasan bersuhu tinggi.

Tile ini juga memiliki permukaan yang flat dan nat yang kecil sehingga menjadikannya terlihat cantik sekaligus mewah.

Salah satu ciri khas utama dari homogenous tile adalah memiliki daya serap air yang dapat diatur, sehingga lebih keras dibandingkan dengan tegel keramik.

Tidak hanya itu, sekarang granit tile juga sudah banyak diproduksi dengan ketebalan yang tipis atau disebut thin tile.

Inovasi baru ini dapat menciptakan granit dengan ukuran hanya 5 mm yang biasanya diproduksi mulai dari 7 mm-12 mm.

Dengan dimensi yang lebih tipis dan berat yang lebih ringan, thin tile dapat digunakan untuk dinding atau elemen interior lainnya, tanpa memberikan beban berlebih pada struktur bangunan.

Sama seperti tile lainnya, homogenous tile juga mengalami perkembangan evolusi. Contohnya, seperti digunakannya teknik printing yang dapat membuat beragam corak, bahkan produsen homogenous tile kini juga sudah banyak menciptakan ukuran-ukuran besar.

Seperti 80 cm x 80 cm, 120 cm x 120 cm, 90 cm x 180 cm, 120 cm x 240 cm atau bahkan 160 cm x 320 cm sehingga dapat menambah kesan mewah namun minimalis.

Perkembangan evolusi tile tersebut tentunya juga membutuhkan perekat yang semakin kompleks teknologinya.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/08/31/110000421/evolusi-ubin-mulai-dari-motif-ukuran-hingga-teknologi-cetak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke