Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beres Uji Laik Fungsi, Seksi Pamungkas Tol Cijago Segera Beroperasi

Kompas.com - 27/08/2023, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,19 km telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 18 Agustus 2023 lalu.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Sabtu (26/08/2023), kegiatan ULF Jalan Tol Cijago Seksi 3B dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Tujuannya memastikan semua spesifikasi teknis, persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol telah sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Kini, ruas tol tersebut menunggu dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk dapat dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Translingkar Kita Jaya.

Baca juga: Mulai Dibangun, Akses Langsung OCBD Bogor Menuju Tol BORR

Untuk diketahui, Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 km yang terdiri dari 3 seksi.

Yaitu, Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,70 km telah beroperasi pada Januari 2012, Seksi 2 menghubungkan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 km telah beroperasi pada September 2019 lalu.

Kemudian, Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,50 km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu, serta Seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,19 km telah dilakukan Uji Laik Fungsi.

Jalan Tol Cijago akan menghubungkan beberapa ruas tol JORR 2 lainnya, yakni di sisi Barat Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, dan di sisi Timur Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Di samping itu, terkoneksi dengan beberapa ruas tol lainnya seperti Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Depok-Antasari.

Dengan adanya Jalan Tol Cijago, pergerakan dari Bogor ke Jakarta diharapkan semakin lancar, di mana dapat ditempuh dengan waktu berkendara 45 menit saja.

Selain itu juga diharapkan semakin meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, serta mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com