Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Realisasikan Pembangunan Ammaia Ecoforest, Perumahan Rp 6 Triliun

Kompas.com - 18/07/2023, 09:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan komitmen yang telah diungkapkan kepada publik Selasa (28/3/2023) lalu, Astra Property menunaikan rencananya membangun townhsip baru di Cikupa, Tangerang, Banten, melalui peletakan batu pertama, Kamis (27/7/2023) mendatang.

Pengembangan skala kota yang resmi dinamai Ammaia Ecoforest ini merupakan proyek kolaboratif antara Astra Property melalui Astra Land Indonesia dengan Hongkong Land.

Dalam merealisasikan "perkawinan investasi" ini, kedua raksasa tersebut membentuk perusahaan PT Lazuli Karya Sarana.

CEO Astra Land Indonesia Wibowo Muljono menuturkan, Ammaia Ecoforest mengacu pada filosofi prinsip-prinsip pengembangan ramah lingkungan, dan berkelanjutan atau environmentally sustainable.

Baca juga: Astra Caplok Saham Hotel Mandarin Oriental Rp 1,28 Triliun

"Konsep Ammaia ini sarat dengan lingkungan hijau yang kami jadikan hutan atau forest. Dan Ammaia Ecoforest sudah meraih gold rating  untuk proyek skala kota dari Green Building Council Indonesia (GBCI)," ungkap Wibowo kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Menurut Wibowo, Ammaia Ecoforest merupakan proyek township kedua di Indonesia yang meraih peringkat emas setelah Nava Park, proyek sinergi Sinarmas Land dan Hongkong Land.

Setelah peletakan batu pertama infrastruktur kawasan, Astra Land Indonesia akan melanjutkannya dengan peluncuran klaster perdana pada Oktober 2023. 

Sebanyak 240 unit yang akan dilepas ke pasar dengan rentang harga penawaran mulai dari Rp 2 miliar per unit.

Untuk diketahui, Ammaia Ecoforest menempati lahan seluas 50 hektar yang sebelum diakuisisi Lazuli Karya Sarana, merupakan aset PT Alam Sutera Realty Tbk.

Baca juga: Nilawati Irjani, Nakhoda Baru Astra Property

Astra Land Indonesia menyiapkan anggaran konstruksi atau development cost senilai Rp 6 triliun untuk membangun proyek anyar ini.

Kendati bukan yang terbesar secara nilai dan luas area pengembangan, namun proyek ini dianggap sebagai pertaruhan Astra Land Indonesia di tengah kondisi industri properti yang penuh tantangan.

Namun demikian, Wibowo tetap memandang tahun ini dan masa-masa mendatang dengan optimisme tinggi.

Tidak saja didukung oleh kucuran finansial dari induk usaha PT Astra International Tbk sehingga meningkatkan kepercayaaan diri untuk membangun properti berkonsep township, melainkan juga didorong kondisi makro.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih positif dengan angka 5,03 persen, serta Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia yang mengindikasikan perkembangan harga properti residensial di pasar primer secara tahunan meningkat terbatas pada triwulan I-2023.

Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I-2023 tercatat sebesar 1,79 persen (yoy). Sementara itu, penjualan rumah menengah kembali tumbuh positif sebesar 6,55 persen (yoy), setelah terkontraksi sebesar 18,88 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya.

Baca juga: Astra Property Makin Progresif, Gandeng Raksasa Sinarmas Bangun Perumahan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com