Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Rekor Tertinggi Laba Bersih, CTRA Tebar Dividen Rp 278 Miliar

Kompas.com - 27/06/2023, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pengembang raksasa Indonesia, PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA memutuskan untuk menebar dividen tunai Tahun Buku 2022 kepada pemegang saham dengan total nilai Rp 278 miliar atau setara Rp 15 per saham.

Dividen tunai ini merupakan 14,9 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2022 yang mencapai  Rp 1,9 triliun.

Laba bersih tahun 2022 tersebut meningkat 7,4 persen jika dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya. Perolehan laba bersih sekaligus merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah perusahaan.

Hal itu terjadi karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Baca juga: Bos Ciputra Didapuk Jadi Presiden Organisasi Real Estat Dunia

Ada pun pendapatan Perseroan tercatat senilai Rp 9,12 triliun yang menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso sebagian besar diperoleh dari segmen pengembangan properti (development income).

Mencakup penjualan rumah hunian, ruko, apartemen, dan gedung perkantoran dengan porsi Rp 7,2 triliun.

"Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang (recurring income) yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, kantor sewa, dan rumah sakit mencapai Rp 1,9 triliun," ungkap Tulus.

Selama tahun 2022 CTRA meluncurkan 2 proyek baru dan 13 klaster rumah/ruko baru di proyek yang telah berjalan.

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraLand Tanjung Morawa Kota Deli Megapolitan di Sumatera Utara dan CitraLand City Kedamean di Jawa Timur.

Baca juga: Tahun 2023, Ciputra Bidik Zero Accident di Seluruh Proyeknya

Sementara klaster-klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2022 meliputi Klaster Agate dan Klaster Tampak Siring di Citra Maja Raya, Klaster The Harbour dan Klaster The Conch di CitraGarden City Jakarta, dan Klaster Richmore di Citra City Balikpapan.

Kemudian Klaster Northwest Park Extension dan Klaster District 9 di CitraLand Surabaya, Ruko R1-Ruko R11-Ruko R23 di CitraLand Gama City Medan, Klaster Rochester & Extension di CitraLand Gama City Medan, Klaster Golden Avenue di CitraLand Losari City Makassar, Klaster Red Terracotta Phase 2 di CitraLand Tallasa City Makassar.

Gencarnya peluncuran proyek baru dan klaster dimungkinkan karena CTRA terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis dan memberikan manfaat bagi perekonomian daerah setempat.

Marketing sales

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra menambahkan, Perseroan berhasil meraih marketing sales sebesar Rp 3,4 triliun hingga Kuartal 1-2023, atau 39 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 8,9 triliun selama tahun 2023.

“Pencapaian selama triwulan 1-2023 ini melonjak 74 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2023," imbuh Candra.

Baca juga: Jeli Membaca Tren Pasar, Ciputra Raup Penjualan Rumah Mewah Rp 104 Miliar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com