Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cetak Rekor Tertinggi Laba Bersih, CTRA Tebar Dividen Rp 278 Miliar

Dividen tunai ini merupakan 14,9 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2022 yang mencapai  Rp 1,9 triliun.

Laba bersih tahun 2022 tersebut meningkat 7,4 persen jika dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya. Perolehan laba bersih sekaligus merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah perusahaan.

Hal itu terjadi karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Ada pun pendapatan Perseroan tercatat senilai Rp 9,12 triliun yang menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso sebagian besar diperoleh dari segmen pengembangan properti (development income).

Mencakup penjualan rumah hunian, ruko, apartemen, dan gedung perkantoran dengan porsi Rp 7,2 triliun.

"Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang (recurring income) yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, kantor sewa, dan rumah sakit mencapai Rp 1,9 triliun," ungkap Tulus.

Selama tahun 2022 CTRA meluncurkan 2 proyek baru dan 13 klaster rumah/ruko baru di proyek yang telah berjalan.

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraLand Tanjung Morawa Kota Deli Megapolitan di Sumatera Utara dan CitraLand City Kedamean di Jawa Timur.

Sementara klaster-klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2022 meliputi Klaster Agate dan Klaster Tampak Siring di Citra Maja Raya, Klaster The Harbour dan Klaster The Conch di CitraGarden City Jakarta, dan Klaster Richmore di Citra City Balikpapan.

Kemudian Klaster Northwest Park Extension dan Klaster District 9 di CitraLand Surabaya, Ruko R1-Ruko R11-Ruko R23 di CitraLand Gama City Medan, Klaster Rochester & Extension di CitraLand Gama City Medan, Klaster Golden Avenue di CitraLand Losari City Makassar, Klaster Red Terracotta Phase 2 di CitraLand Tallasa City Makassar.

Gencarnya peluncuran proyek baru dan klaster dimungkinkan karena CTRA terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis dan memberikan manfaat bagi perekonomian daerah setempat.

Marketing sales

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra menambahkan, Perseroan berhasil meraih marketing sales sebesar Rp 3,4 triliun hingga Kuartal 1-2023, atau 39 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 8,9 triliun selama tahun 2023.

“Pencapaian selama triwulan 1-2023 ini melonjak 74 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2023," imbuh Candra.

Ada pun faktor pendukung yang dimiliki antara lain reputasi sebagai perusahaan yang baik, jajaran manajemen yang berpengalaman, inovasi produk yang berkesinambungan, dan kesiapan dalam memasuki era bisnis digital.

Untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun 2023, CTRA meluncurkan proyek baru dan klaster baru di proyek yang sedang berjalan.

Proyek baru pada tahun 2023 meliputi CitraGarden Serpong, CitraLand Sampali Kota Deli Megapolitan, CitraLake Villa, dan Citra City Sentul.

Sedangkan klaster-klaster baru yang telah diluncurkan hingga Kuartal 1-2023 meliputi Klaster Pelican Hill di CitraLand Surabaya, Ruko One Arcade di CitraLand Surabaya, serta Orchard Avenue (R29) dan Orchard Avenue (R33) di CitraLand Gama City Medan.

Saat ini Perseroan juga sedang menyiapkan rencana peluncuran klaster-klaster baru, antara lain di proyek CitraRaya Tangerang, Citra Sentul Raya, CitraLand Cibubur, dan CitraLand Gama City Medan.

Perseroan optimistis bahwa setiap proyek dan klaster baru tersebut akan sukses karena produknya sangat diminati pasar, dan akan terus mengkaji pengembangan produk baru dan menerapkan berbagai strategi penjualan agar bisa mencapai target tahun ini.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/06/27/170000521/cetak-rekor-tertinggi-laba-bersih-ctra-tebar-dividen-rp-278-miliar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke