Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Bidang Tanah Wakaf di Garut Masih Belum Bersertifikat

Kompas.com - 24/06/2023, 18:10 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyebutkan, 100 bidang tanah wakaf di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, masih belum disertifikatkan.

Hal ini disampaikan Hadi usai menyerahkan sertifikat tanah wakaf di Desa Cisaat, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Jumat (24/6/2023).

"Kalau yang 100 (bidang tanah) itu di wilayah Garut saja. Kalau di provinsi (Jawa Barat) wah ribuan. Kami melihat datanya, setiap desa saja, jumlahnya bisa ratusan," ucap Hadi.

Sebelumnya, Menteri Hadi telah membagikan sembilan sertifikat tanah wakaf di Masjid Utsman Bin Affan, Desa Cisaat, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Jumat (24/6/2023).

Hadi menambahkan, hal ini bertujuan agar anak cucu dari pemilik paham bahwa tanah tersebut sudah diwakafkan untuk kegiatan ibadah.

Baca juga: 9 Bidang Tanah Wakaf di Desa Cisaat Garut Kini Bersertifikat

Maka dari itu, pihaknya sangat mendorong untuk sertifikasi tanah wakaf dan memerintahkan para Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) maupun Ketua Kantor Wilayah (Kakanwil) di Jawa Barat untuk penyertifikatan.

Pada hari yang sama, Hadi juga menyerahkan sembilan sertifikat secara door to door (pintu ke pintu) di Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora.

Penyerahan sertifikat tanah tersebut merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Baru saja saya melaksanakan door to door di Desa Harumansari untuk menyerahkan sembilan sertifikat PTSL,” terang Hadi usai menyerahkan sertifikat tanah itu.

Hadi mengatakan, dirinya telah berkomunikasi dengan masyarakat dan diakui dia kalau mereka merasa senang dengan program sertifikasi PTSL ini.

Sebelumnya, Hadi juga telah menyerahkan sertifikat Barang Milik Negara (BMN), Barang Milik Daerah (BMD), instansi pemerintah TNI/Polri, serta redistribusi tanah kepada 422 kepala keluarga (KK).

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan oleh Hadi di Pendopo Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Pada pagi hari ini kita bisa berkumpul bersama dalam rangka penyerahan sertifikat yang baru saja kita saksikan yaitu sertifikat BMN, BMD, instansi pemerintah TNI/Polri, dan yang tidak kalah penting adalah redistribusi untuk 422 kepala keluarga,” jelas Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com