Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Tahun 2022, Ada 12,54 Juta Ton Sampah Plastik di Indonesia

Kompas.com - 15/06/2023, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produksi sampah plastik di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2022, total sampah plastik mencapai 12,54 juta ton.

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar menyampaikan timbunan sampah plastik di Indonesia terus meningkat sejak tahun 1995.

“Sepanjang tahun 2022, ada 69 juta ton sampah yang dihasilkan masyarakat Indonesia, di mana 18,2 persen atau 12,5 juta ton adalah sampah plastik. Jumlahnya naik terus secara eksponensial sejak 1995,” ungkap Novrizal dalam Webinar "Invest Solutions For Plastic Pollution", Kamis (15/6/2022).

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Resta Pendopo Km 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan

Menurutnya, salah satu penyumbang naiknya jumlah sampah plastik adalah perilaku masyarakat Indonesia yang kerap menggunakan plastik sekali pakai.

Plastik-plastik sekali pakai tersebut kemudian menjadi sampah dan dapat menimbulkan efek buruk bagi lingkungan bila masuk ke perairan atau tanah.

 

“Karena itu, masyarakat kita dorong semaksimal mungkin agar ada gerakan-gerakan partisipasi misalnya gerakan bersih sampah hingga terlibat dalam kegiatan social ecopreneur,” paparnya.

Novrizal menegaskan pemerintah juga terus mengkampanyekan agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup minim sampah.

Ada tiga hal yang dikampanyekan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah sampah plastik. Pertama, batasi penggunaan barang-barang sekali pakai khususnya single use plastic.

Baca juga: Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN Dibangun Tahun Ini

Kedua, mendorong masyarakat mulai belanja mulai tanpa kemasan. Jadi saat pergi ke pasar atau supermarket harus membawa kantong belanja sendiri.

Ketiga, melakukan pemilahan sampah dari rumah sendiri. Jadi sampah plastik tidak lagi tercampur dengan sampah organik sehingga mudah didaur ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com