Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,4 Ton Sampah Plastik Ditukarkan Beras, Upaya Jaga Lingkungan BSD City

Kompas.com - 03/03/2022, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar Mas Land bersama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bekerja sama untuk mewadahi penukaran sampah plastik menjadi beras di kawasan seputar BSD City.

Kegiatan ini merupakan program sinergi lanjutan inisiatif peduli sampah plastik melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Plastic to Food di kawasan BSD City.

Program Plastic to Food dilakukan melalui penyerahan 1,4 ton beras yang ditukarkan 1,4 ton sampah plastik oleh warga Cicayur di kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Jumlah plastik tersebut dikumpulkan sepanjang Januari 2022.

Baca juga: Smart Drop Box, Inovasi Digital Unilever Kumpulkan Sampah Plastik

Program itu dilaksanakan sebagai bagian dari kampanye cinta lingkungan Sinar Mas Land yakni Green Habit 2.0.

Mengajak masyarakat untuk bijak mengelola sampah plastik sekaligus merupakan kontribusi sosial perusahaan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Kegiatan tersebut juga mendukung terwujudnya ekonomi sirkular yang berprinsip mengurangi timbunan sampah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menjelaskan, bahwa pihaknya melalui program Green Habit 2.0 merintis pilot project penanganan limbah plastik secara holistik melibatkan partisipasi berbagai pemangku kepentingan.

Mulai dari mengajak warga membersihkan lingkungan dan pengumpulan sampah plastik, melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang menampung sampah plastik, dan mendaur ulang sampah plastik menjadi material yang berguna.

"Serta penerapan penggunaan material aspal plastik di proyek-proyek Sinar Mas Land," ujar Dhony Rahajoe dalam rilisnya, Kamis (03/03/2022).

Sementara itu, Direktur Chandra Asri, Edi Riva’i menambahkan, program Plastic to Food merupakan kolaborasi lanjutan dengan Sinar Mas Landa setelah sukses menerapkan jalan aspal plastik di BSD City.

Melalui program ini, pihaknya dapat memperkenalkan perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah plastik terpilah dari rumah dengan konsep ekonomi sirkular kepada masyarakat.

Di mana sampah yang dikelola dapat diproses menjadi bahan baku plastik atau produk lain yang dapat dimanfaatkan kembali.

"Dengan begitu, sampah yang dihasilkan warga dapat tertangani sehingga mencegah timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," tandas Edi Riva'i.

Melalui program Plastic to Food, kedua perusahaan mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk peduli dalam mengelola sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar pemukiman.

Skema program tersebut dimulai dari pengumpulan sampah plastik oleh warga yang dapat ditukarkan menjadi beras sebagai stimulasi awal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com