Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2023, Tiga Seksi Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Kelar Dibangun

Kompas.com - 28/05/2023, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat di Sumatera Utara.

Tiga seksi dari total enam seksi jalan tol sepanjang 143,25 km ini ditargetkan sudah selesai dibangun pada Juli 2023 dan segera bisa dilintasi masyarakat.

Untuk diketahui, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dibangun dengan nilai investasi Rp 13,4 triliun.

Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema KPBU oleh PT Waskita Karya (seksi 2 dan 3), serta PT Hutama Karya (seksi 1 dan 4). Sedangkan untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Baca juga: 13 Ruas Tol Baru Akan Beroperasi hingga Akhir 2023, Ini Daftarnya

Progres Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km saat ini sudah selesai 100%, Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 87,2%.

Lalu, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km sudah 79,3%, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 63,7%.

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 km, masih dalam tahap finalisasi desain.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menyampaikan, konstruksi seksi 1-3 sedikit lagi selesai.

"Tinggal pekerjaan MCB, guard rail, penanganan jalan, gate, pekerjaan tebing, dan marka jalan. Saya kira tinggal perapian saja, mudah-mudahan 3 ruas tersebut semua bisa selesai dan pada bulan Juli," jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (28/05/2023).

Menurut dia, ruas Tebing Tinggi-Serbelawan tersebut manfaatnya sudah terlihat saat difungsionalkan saat libur Natal dan libur Lebaran. Lalu lintas yang biasanya macet di Tebing Tinggi bisa terurai.

"Mudah-mudahan Juli sudah bisa dilaksanakan uji laik fungsinya semua agar bisa kita usulkan untuk diresmikan serentak 3 ruas," tutur Endra.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat merupakan bagian sirip (feeder) dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Menghubungkan Tebing Tinggi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung sehingga dapat mendukung pengembangan kawasan industri dan wisata di Sumatera Utara, termasuk Danau Toba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com